Batu svingerud

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Batu Svingerud adalah prasasti dari batu pasir bertuliskan huruf rune kuno. Prasasti ini ditemukan di sebuah kuburan di daerah Tyrifjorden, Norwegia. Nama Svingerud berasal dari nama kuburan tempat batu itu digali.[1]

Batu ini diperkirakan berasal dari 1800 dan 2000 tahun lalu, dan menjadikannya sebagai batu runic tertua yang ditemukan hingga saat ini. Batu Svingerud berukuran 31x32 cm dan diperkirakan dipahat menggunakan jarum atau ujung pisau.

Penemuan[sunting | sunting sumber]

Batu Svingerud ditemukan oleh para arkeolog dari Museum Sejarah Budaya, Universitas Oslo pada Musim Gugur 2021. Saat itu, mereka sedang menyelidiki sebuah kuburan di dekat Tyrifjorden. Menurut pemeriksaan penanggalan radiokarbon, batu itu tertulis antara 1 dan 250 M.[2]

Kristel Zilmer, Profesor dari Museum Sejarah Budaya, Universitas Oslo mengatakan jika mendapatkan prasasti ini merupakan mengalaman unik. Terutama karena batu itu berbeda dengan batu rune lainnya yang berhasil ditemukan.

Isi prasasti[sunting | sunting sumber]

Ada delapan huruf rune yang menonjol di antara huruf lainnya yang dapat diterjemahkan sebagai 'Idebera'. Para ilmuwan masih memecahkan misteri tulisan tersebut. Ada dua kemungkinan tentang maksud tulisan tersebut. Pertama, Idebera adalah nama seorang wanita yang dituliskan di sana. Kedua, yang dimaksud adalah 'Ideberug' yaitu nama dari sebuah keluarga.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Indonesia, C. N. N. "Prasasti Berhuruf Rune Tertua Ditemukan di Norwegia, Apa Isi Pesannya?". teknologi. Diakses tanggal 2024-02-17. 
  2. ^ Gulliksen, Øivind (2023-10-17). "Found the world's oldest rune stone". Museum of Cultural History. Diakses tanggal 2024-02-17.