Basilika Transfigurasi, Gunung Tabor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Transfigurasi
Basilika Minor Transfigurasi Tuhan Kita Yesus Kristus di Gunung Tabor
Ibrani: כנסיית ההשתנות
Basilika Transfigurasi
LokasiGalilea Bawah
Negara Israel
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanPatriarkat Latin Yerusalem

"Gunung Tabor - Gereja Basilika", oleh Karimeh Abbud, sekitar tahun 1925

Gereja Transfigurasi (Ibrani: כנסיית ההשתנות) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang dikelola oleh ordo Fransiskan yang terletak di Gunung Tabor di Israel. Secara tradisional diyakini sebagai tempat di mana Transfigurasi Kristus terjadi, sebuah peristiwa dalam Injil di mana Yesus berubah rupa di atas gunung yang tidak disebutkan namanya dan berbicara dengan Musa dan Elia.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja saat ini, bagian dari kompleks biara Fransiskan, selesai dibangun pada tahun 1924. Arsiteknya adalah Antonio Barluzzi.[2] Dibangun di atas reruntuhan gereja Bizantium kuno (abad ke-4-6) dan gereja periode Kerajaan Tentara Salib abad ke-12.[3] Ada juga sebuah gereja Ortodoks Yunani yang berlokasi di Gunung Tabor, didedikasikan untuk tujuan yang sama.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Gereja ini berisi tiga gua milik gereja Tentara Salib. Mereka dijelaskan oleh Jonas Korte, penerbit dari Eldena, sebagai "tiga kapel, dengan [[altar] kecil]. Mereka disebut tabernakel, dan dikatakan untuk melambangkan tiga gubuk yang ingin dibangun oleh Petrus, satu untuk Gurunya (Yesus), dua lainnya untuk Musa dan Elia (Elia)".

Gua Kristus berada di bagian timur gereja. Tangga mengarah ke tingkat yang lebih rendah yang berisi tempat perlindungan yang beratap modern.

Ada sebuah kapel di masing-masing dua menara di ujung barat gereja. Kapel Elia terletak di menara selatan; menara utara menampung Kapel Musa.

Di bagian atas gereja terdapat mosaik di atas tanah emas yang melambangkan Transfigurasi.[3] Pada tanggal 6 Agustus, yang merupakan "hari Transfigurasi" dalam beberapa kalender gereja, sinar matahari menyinari piring kaca yang diletakkan di lantai sehingga mozaik emas menyala sebentar.

Barluzzi menciptakan atap yang terbuat dari panel alabaster, yang dimaksudkan untuk membiarkan cahaya masuk sebanyak mungkin sesuai dengan peristiwa alkitabiah yang dirayakan di sini. Namun, atap pualam tidak dapat dibuat kedap air dan harus ditutup dengan atap biasa yang tidak tembus cahaya.

Transfigurasi[sunting | sunting sumber]

Transfigurasi Yesus adalah sebuah peristiwa yang dilaporkan oleh Injil Sinoptik yang menceritakan tentang Yesus yang mengalami transfigurasi di atas sebuah gunung (Matius 17:1–9:NIV, Markus –8#NIV 9:2 –8:NIV, Lukas 9:28–36:NIV). Yesus menjadi bersinar, berbicara dengan Musa dan Elia, dan disebut "Anak" oleh Tuhan. Transfigurasi ini menempatkan Yesus di atas Musa dan Elia, dua tokoh terkemuka Yudaisme.

Beberapa gunung telah diidentifikasi sebagai lokasi Transfigurasi; misalnya, Gunung Hermon. Gunung Tabor lebih dekat dengan pusat aktivitas Yesus, dan oleh karena itu Uskup Sirilus dari Yerusalem menulis pada tahun 348 bahwa dia lebih memilih Gunung Tabor daripada Gunung Hermon. Dengan demikian Gunung Tabor diterima sebagai tempat transfigurasi Kristus.[4]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mount Tabor". sacred -destinations.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal 2009-01-16. 
  2. ^ /.../ANTONIO-BARLUZZI-2a66f3db-92f6-49ef-8a92-41f5fd5b2df8.pdf Gereja-Gereja Antonio Barluzzi[pranala nonaktif permanen], Canon Peter C Nicholson, McCabe Educational Trust, diakses April 2010
  3. ^ a b "Gunung Tabor – Gereja Transfigurasi". planetware.com. Diakses tanggal 2009-01-16. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Suci