Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunga Kecil, San Antonio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunga Kecil
Basilika Minor Tempat Ziarah Nasional Bunga Kecil
Inggris: Basilica of the National Shrine of the Little Flower
Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunga Kecil
Lokasi1715 N. Zarzamora St., San Antonio, Texas
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan San Fernando

Basilika Tempat Ziarah Nasional Bunga Kecil (Inggris: Basilica of the National Shrine of the Little Flower) juga disebut Gereja Bunda Maria dari Gunung Karmel dan Santa Thérèse adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di San Antonio, Texas, Amerika Serikat. Gereja ini dibedakan sebagai salah satu dari 84 gereja di Amerika Serikat (dan satu dari hanya empat di negara bagian Texas) yang menyandang sebutan kepausan "basilika minor."[1] Meskipun memiliki kepentingan keagamaan, gereja ini bukanlah katedral keuskupan setempat; perbedaan itu adalah milik Katedral San Fernando.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Basilika ini didedikasikan untuk St. Thérèse dari Lisieux dari Kanak-kanak Yesus, dan menyandang julukannya, "Bunga Kecil" Yesus. Landasan basilikanya diberkati dengan sungguh-sungguh dan diletakkan pada tanggal 15 Oktober 1929.[2] Bangunannya yang luar biasa dan karya seni keagamaan yang menyertainya tidak seperti biasanya karena konstruksinya relatif baru.

Basilika adalah perbendaharaan seni, keahlian ahli, dan peninggalan. Para Bruder Karmelit Tak Berkasut mulai melayani komunitas paroki sekitar di San Antonio pada tahun 1926. Basilika ini dibangun pada masa Depresi Besar (1929–1931) dan saat ini berdiri sebagai monumen iman besar para umatnya. St. Thérèse dari seluruh Amerika Serikat dan dunia.

Mungkin karya seni paling berharga di basilika adalah lukisan St. Thérèse, hadiah dari Karmel Lisieux kepada para biarawan San Antonio pada tahun 1927. Saudari sedarah santa Céline Martin (1869–1959), juga seorang biarawati (Sr. Genevieve dari Wajah Suci) di Karmel Lisieux, menciptakan model untuk lukisan ini, yang disebut sebagai "Apotheosis," atas permintaan Vatikan selama proses kanonisasi Thérèse, menurut Arsip dari Carmel di Lisieux. Seniman lain, Pascal Blanchard, melukis beberapa kanvas besar berdasarkan model Celine. Céline dan biarawati lainnya, Sr. Marie dari Roh Kudus, kemudian memperbaiki wajah pada setiap salinan. Salah satu lukisan tersebut menjadi standar yang dibawa dalam prosesi ke Santo Petrus pada upacara kanonisasi pada tanggal 17 Mei 1925; itu dikembalikan ke biarawati setelah upacara. Lukisan basilika adalah salah satu dari beberapa lukisan lainnya yang dipinjamkan oleh Biara Lisieux kepada Carmels di Prancis untuk acara kanonisasi.

Lukisan itu diperoleh untuk para biarawan San Antonio oleh Romo Raymon Gomez, salah satu dari empat biarawan asli yang tiba di San Antonio pada tahun 1926. Ia berperan penting dalam mewujudkan impian para biarawan untuk membangun sebuah tempat ziarah nasional yang didedikasikan untuk St. Thérèse yang baru dikanonisasi.

Tercatat dalam arsip Basilika bahwa ia pergi ke Prancis pada tahun 1927 untuk mengunjungi para suster di Biara Karmelit Discalced St. Thérèse di Lisieux untuk meminta restu mereka atas proyek tersebut. Para biarawati, termasuk saudara perempuan St. Thérèse, Pauline, yang saat itu menjadi kepala biara di Lisieux, sangat senang dengan gagasan tersebut dan menjanjikan dukungan mereka. Bersamaan dengan pemberkatan mereka, para biarawati mengirimkan hadiah, termasuk buku dan foto yang ditandatangani, medali, kartu koleksi tercetak, relik dari semua tingkatan, dan potret indah ini untuk menghiasi gereja pada pembukaannya.

Lukisan aslinya dipugar dengan dukungan Strake Foundation of Houston dan dipasang kembali di tempat terhormat di basilika pada tahun 2007. Lebarnya 7 ft (2,1 m) kali [convert: nomor tidak sah], dan terletak di bagian bawah gereja.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Basilicas di Amerika Serikat". Diakses tanggal 2012-09-04. 
  2. ^ Sejarah Basilika Diarsipkan 4 Januari 2008 di Wayback Machine.