Basilika Tempat Ziarah Bunda Maria Perantara Segala Rahmat, Santa Maria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Tempat Ziarah Bunda Maria Perantara Segala Rahmat
Basilika Minor Tempat Ziarah Bunda Maria Perantara Segala Rahmat
Basílica Santuário Nossa Senhora Medianeira de Todas as Graças
Basilika Tempat Ziarah Bunda Maria Perantara Segala Rahmat
LokasiSanta Maria
Negara Brasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Tempat Ziarah Bunda Maria Perantara Segala Rahmat[1] (Portugis: Basílica Santuário Nossa Senhora Medianeira de Todas as Graças)[2] atau Basilika Santa Maria adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang didedikasikan kepada Perawan Maria, terletak di Santa Maria kotamadya, Rio Grande do Sul, di selatan Brasil.[3] Ini adalah satu-satunya basilika di dunia yang didedikasikan untuk Maria sang Perantara dari semuanya Rahmat.

Basilika memberikan namanya pada jalan dan lingkungan di mana ia berada, di sisi lain merupakan titik akhir dari Peziarahan Kristen dari "medianera".

Devosi kepada Perawan Perantara dimulai pada tahun 1928, dengan kedatangan para Yesuit. Pada tahun 1935, Don Antonio Reis memberkati batu pertama, memulai pekerjaan pembangunan tempat suci. Pada tahun 1942, para uskup Rio Grande do Sul menahbiskan negara tersebut kepada Perawan Mediator dan mendeklarasikannya sebagai Pelindung Utama negara. Pada tahun 1943, atas prakarsa Don Antonio Reis, romeria (ziarah keagamaan kelompok) pertama diadakan di negara bagian tersebut. Gereja ini dinyatakan sebagai Basilika pada tahun 1987 pada masa kepausan Paus Yohanes Paulus II.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kuil Basilika Bunda Maria Mediatrix Segala Rahmat di Santa Maria
  2. ^ %C3%A1rio+Bas%C3%ADlica+de+Nossa+Senhora+Medianeira+de+Todas+as+Gra%C3%A7as Teocomunicação Periksa nilai |url= (bantuan). 
  3. ^ Brasil. =Santu%C3%A1rio+Bas%C3%ADlica+de+Nossa+Senhora+Medianeira+de+Todas+as+Gra%C3%A7as Komunikasi mensal da Conferência Nacional dos Bispos do Brasil Periksa nilai |url= (bantuan). Conferência Nacional dos Bispos do Brasil.