Basilika Santo Ulrich dan Santa Afra di Biara Santo Ulrich dan Santa Afra, Augsburg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Ulrich dan Santa Afra
Basilika Minor Santo Ulrich dan Santa Afra di Biara Santo Ulrich dan Santa Afra
Jerman: Basilika SS. Ulrich and Afra
Basilika Santo Ulrich dan Santa Afra
LokasiBiara Santo Ulrich dan Santa Afra, Augsburg
Negara Jerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Augsburg

Basilika Santo Ulrich dan Santa Afra [1] (Jerman: Basilika SS. Ulrich dan Afra)[2] adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di kompleks Biara Santo Ulrich dan Santa Afra, Augsburg[3] di Bavaria, Jerman. Basilika ini berasal dari makam Romawi Santa Afra, yang menjadi martir pada tahun 304.

Bangunan ini adalah contoh arsitektur Gotik yang bagus di Jerman; di bagian dalamnya terdapat tiga altar Renaisans yang sangat besar dan sangat berharga, yang masing-masing dianggap sebagai mahakarya patung Jerman pada masa itu. Menara loncengnya yang tinggi dengan kubah "bawang", yang mendominasi kota di selatan, menjadi prototipe pembangunan banyak menara barok di Bavaria.

Pada tahun 1577 (resmi) dan 1643–1644 (hampir) gereja tersebut, yang disebut biara Benediktin Saints Ulrich dan Afra, diangkat ke pangkat biara kekaisaran. Pada tanggal 18 Oktober 1777 diadakan konser organ Wolfgang Amadeus Mozart. Pada tanggal 4 Mei 1782, Paus Pius VI merayakan Misa di basilika. Disekulerkan pada tahun 1802, ia menjadi milik Negara Bagian Bavaria. Pada tahun 1810 gereja ini diangkat menjadi gereja paroki. Sejak tanggal 4 Juli 1937, bangunan ini dinyatakan oleh Paus Pius XI sebagai basilika minor. Pada tanggal 4 Mei 1987 dikunjungi oleh Paus Yohanes Paulus II.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika SS. Ulrich dan Afra di Augsburg
  2. ^ Pemalsuan, Replika, Fiksi: Temporalitas Seni Renaisans Jerman. ISBN 978-0-226-90597-6. 
  3. ^ Butler, Alban; Burns, Paul. Kehidupan Para Orang Suci dari Butler. ISBN 978-0-86012-256-2.