Basilika Santo Petrus dan Paulus, Chattanooga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Petrus dan Paulus
Basilika Minor Santo Petrus dan Paulus
Inggris: Saints Peter and Paul Basilica
Basilika Santo Petrus dan Paulus
Lokasi214 E. 8th St., Chattanooga, Tennessee
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Knoxville

Basilika Santo Petrus dan Paulus (Inggris: Saints Peter and Paul Basilica) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di 214 E. 8th Street di Chattanooga, Tennessee, Amerika Serikat, yang terdaftar pada Daftar Tempat Bersejarah Nasional (NRHP). Ini adalah salah satu paroki tertua yang masih ada di Keuskupan Knoxville.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Kaca patri jendela Basilika Santo Petrus & Paulus, Mei 2023

Paroki Santo Petrus dan Paulus di Chattanooga didirikan pada bulan Januari 1852. Komunitas Katolik yang kecil namun berkembang di Chattanooga akan memimpin Misa di berbagai gedung selama tahun-tahun awal paroki. Salah satu bekas bangunan termasuk gereja batu yang hampir selesai dihancurkan oleh Union Army pendudukan selama Pertempuran Chickamauga pada tahun 1863. Tentara Cumberland di bawah komando Mayor Jenderal William Rosecrans menggunakan batu dari gereja untuk membangun benteng dan gorong-gorong untuk mendukung Union Army. Di bawah kepemimpinan Pastor William Walsh, seorang pendeta Irlandia, peletakan batu pertama di lokasi saat ini dilakukan pada tanggal 1 Februari 1888. Bangunan saat ini diresmikan pada tanggal 29 Juni 1890. Bangunan tersebut ditambahkan ke Daftar Tempat Bersejarah Nasional di 1979 sebagai Gereja dan Bangunan Katolik Santo Petrus dan Paulus'.

Jendela Kaca Patri di basilika, dirancang oleh Louis Comfort Tiffany, menggambarkan peristiwa penting dalam kehidupan para santo pelindung paroki. Kehidupan Santo Petrus digambarkan di jendela sisi timur dan kehidupan Santo Paulus di sisi barat. Dinding basilika juga dihiasi dengan 14 polikrom Jalan Salib, yang adegannya menggambarkan penderitaan, kematian, dan penguburan Yesus Kristus.[1] Organ Kilgen di gereja dibangun pada tahun 1936.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah Santo Petrus dan Paulus, Sejarah Basilika Santo Petrus dan Paulus Chattanooga". Stspeterandpaulbasilica.com. 24-10-2010. Diakses tanggal 2016- 07-01.