Basilika Santo Mikael, Miramichi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Mikael
Basilika Minor Santo Mikael Sang Malaikat Agung
Inggris: Basilica of St. Michael the Archangel
Basilika Santo Mikael, Miramichi
Basilika Santo Mikael di New Brunswick
Basilika Santo Mikael
Basilika Santo Mikael
47°01′34″N 65°27′56″W / 47.0261°N 65.4656°W / 47.0261; -65.4656Koordinat: 47°01′34″N 65°27′56″W / 47.0261°N 65.4656°W / 47.0261; -65.4656
Lokasi10 Howard Street Miramichi, New Brunswick
NegaraKanada
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webstmichaelsbasilica.com
Sejarah
Tanggal dedikasi1921
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
ArsitekP. Keely
Tipe arsitekturneo-Gothic
Spesifikasi
Kapasitas1.200 orang

Basilika Santo Mikael sang Malaikat Agung adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di sebuah bukit yang menghadap ke Sungai Miramichi di provinsi New Brunswick, Kanada. Gereja adalah fitur yang menonjol dari bekas kota Chatham, New Brunswick, dan salah satu gereja terbesar di Kanada Timur. Sekarang termasuk dalam kota Miramichi, yang dibentuk pada tahun 1995.

Desain[sunting | sunting sumber]

Basilika Santo Mikael adalah salah satu gereja terbesar di Kanada, sebelah timur Kota Quebec. Struktur batu pasir neo-Gotik dirancang oleh arsitek yang sama, Patrick Keely, sebagai Katedral Nama Kudus di Chicago, dan Katedral Santo Petrus dan Paulus di Providence, Rhode Island. Basilika Santo Mikael berukuran 15 ft (4,6 m) lebih tinggi dari Katedral Nama Kudus di Chicago, agak sempit, dan panjangnya hampir sama. Nama Suci dapat menampung sekitar 300 orang lebih (1.520 vs 1.200). Pembangunan katedral dimulai pada tahun 1903 dan selesai pada tahun 1921. Marmer Italia dengan panel berurat digunakan di seluruh interior nave dan sakristi. Puncak menara terlihat dari jarak beberapa mil, terutama saat mendekati Chatham dari utara, melintasi Jembatan Centennial yang membentang di Sungai Miramichi.

Umat[sunting | sunting sumber]

Basilika Santo Mikael memiliki hubungan sejarah dengan umat Katolik Irlandia yang berimigrasi ke New Brunswick sebelum Kelaparan Besar. Hingga tahun 1980-an, sejumlah besar jamaah menghadiri misa harian selama Prapaskah. Gereja adalah salah satu cara para imigran Katolik baru dari semua etnis mempertahankan identitas unik mereka.

Ketika umat Katolik Irlandia datang ke Kanada, tidak seperti rekan-rekan mereka di Amerika Serikat, mereka dilarang menduduki jabatan publik dan profesi lainnya. Pada awalnya mereka diharuskan memberikan persepuluhan ke Gereja dari Inggris. Hambatan-hambatan ini dihilangkan pada abad ke-19, namun umat Katolik Irlandia tetap terpinggirkan dan bersatu untuk melindungi kepentingan mereka, dengan bantuan St. Michael untuk menyatukan mereka semua. Paroki yang dilayani oleh gereja ini memiliki sejarah panjang dalam menyediakan imam untuk wilayah tersebut dan mengirim orang lain ke misi luar negeri atau ke Kanada Barat. Namun, pada tahun 1975, panggilan imamat dari Chatham dan daerah sekitarnya telah berkurang.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Basilika ini dibangun sebagai katedral Keuskupan Chatham yang dulunya luas, yang mencakup bagian utara provinsi tersebut. Keuskupan berpindah ke kota berbahasa Perancis Bathurst, kira-kira 45 mi (72 km) utara, pada tahun 1938, dan Katedral Hati Kudus menjadi pusat Keuskupan Bathurst yang baru.

Ciri-ciri penting dari katedral ini adalah Kapel Wanita di sebelah barat gereja utama, puncak menara tunggal yang tinggi (pernah diterangi oleh Angkatan Udara Kanada karena dekat dengan pangkalan tempur), atap tembaga hijau, dan a cocok dengan Istana Uskup di tenggara. Loncengnya, baik yang berbunyi saat pemakaman, membunyikan Angelus, atau berbunyi saat Paskah atau Natal, telah lama menjadi ciri kehidupan di kota tersebut. Sebatang pohon linden yang bagus, ditanam oleh Uskup James Rogers, berdiri di sebelah timur basilika, di depan istana.

Penunjukan[sunting | sunting sumber]

Gereja ini unik karena merupakan katedral Keuskupan Chatham, tetapi kehilangan perbedaan tersebut ketika tahta dipindahkan pada tahun 1938. Gereja tersebut kemudian ditetapkan sebagai proto-katedral hingga tahun 1989, ketika Paus Yohanes Paulus II mengangkatnya menjadi basilika minor.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah Paroki St.Michael".