Basilika Santo Louis, Raja Perancis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Louis, Raja Perancis
Basilica of St. Louis, King of France
Basilika Santo Louis, Raja Perancis
Lokasi209 Walnut Street, St. Louis, Missouri, United States
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor, Gereja Paroki
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Agung Saint Louis

Basilika Santo Louis, Raja Prancis (Prancis: Cathédrale Saint-Louis-Roi-de-France de Saint-Louis), sebelumnya adalah Katedral Saint Louis, dan bahasa sehari-hari Katedral Lama, adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat.[1] Itu adalah katedral pertama di sebelah barat Sungai Mississippi dan sampai tahun 1844 satu-satunya gereja paroki di St. Louis.[2] Ini adalah salah satu dari dua basilika Katolik di St. Louis (dengan katedral saat ini) dan keduanya diberi nama sesuai nama Raja Louis IX dari Perancis (nama kota).[3]

Struktur saat ini (dibangun tahun 1831–1834) terletak di dekat tepi sungai bersejarah St. Louis. Dikelilingi oleh Taman Nasional Gateway Arch. Namun, gereja bukanlah bagian dari taman. Karena signifikansi historis dari gereja tersebut, gereja tersebut dibiarkan utuh sementara semua bangunan di sekitarnya dihancurkan untuk dijadikan jalan bagi Gateway Arch dan taman terkait. Romo Nicholas Smith menjabat sebagai Rektor.

Basilika berfungsi sebagai gereja paroki pribadi dan bukan gereja paroki teritorial. Keuskupan ini menduduki peringkat ke-177 dari 196 gereja berdasarkan jumlah umat Katolik per gereja di Keuskupan Agung Saint Louis.[4] Namun, karena signifikansi historisnya (dan lokasinya di sepanjang Sungai Mississippi dekat Arch yang ikonik), basilika tetap menjadi gereja populer untuk upacara pernikahan di keuskupan agung (peringkat kedua dari 196 gereja) dan tujuan wisata populer.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ church/northamerica/0865.htm "Basilika St. Louis, Raja Prancis (Katedral Lama), St. Louis, Missouri, AS" Periksa nilai |url= (bantuan). www.gcatholic.org. Diakses tanggal 2017-02-13. 
  2. ^ Eversgerd, Shania; Levato, Gianna; Mancuso, Emma. "St . Gereja Katolik Mary of Victories". Arch City Religion. Diakses tanggal 15 Juli 2023. 
  3. ^ Conard, hal. 528
  4. ^ a b yearbook/statistics.pdf "Statistik Keuskupan Agung St. Louis" Periksa nilai |archive-url= (bantuan) (PDF). Diarsipkan dari .pdf versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF) tanggal 7 Maret 2010. Diakses tanggal 2010-02-20.