Basilika Santo Laurensius, Asheville

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Laurensius
Basilika Minor Santo Laurensius Sang Diakon dan Martir
Inggris: Basilica of St. Lawrence, Asheville
Basilika Santo Laurensius
LokasiAsheville
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Charlotte

Basilika Minor Santo Laurensius Sang Diakon dan Martir (Inggris: Minor Basilica of St. Lawrence the Deacon & Martyr) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di pusat kota Asheville, North Carolina, Amerika Serikat. Gereja ini dirancang dan dibangun pada tahun 1905 oleh arsitek Spanyol Rafael Guastavino bersama dengan rekan arsiteknya R. S. Smith dan komunitas Katolik di Asheville.[1] Paus Yohanes Paulus II meningkatkan status gereja tersebut menjadi basilika minor pada tahun 1993. Ini adalah sebuah gereja paroki, yang terletak di dalam Keuskupan Charlotte. Itu ada di Daftar Tempat Bersejarah Nasional dan merupakan satu-satunya basilika di Carolina Utara bagian barat. Kubahnya, terinspirasi oleh Basilica de los Desamparados di Valencia, memiliki bentang sebesar 58 x 82 kaki (18 x 25 m), dan terkenal sebagai yang terbesar, berdiri bebas, kubah elips di Amerika Utara. Gaya arsitekturnya adalah Renaisans Spanyol.[2][3]

Terletak di Distrik Bersejarah Pusat Kota Asheville.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Basilika St Lawrence, Asheville, NC, Keuskupan Charlotte". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-14. Diakses tanggal 2010-07-21. 
  2. ^ "Basilika St. Lawrence, Diakon dan Martir". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12- 27. Diakses tanggal 2010-07-21. 
  3. ^ Ochsendorf, John. Guastavino Vaulting : Seni Ubin Struktural. New York: Princeton Architectural Press. hlm. 105–109. ISBN 978-1568987415. Gereja dibangun dengan Gaya Renaisans Spanyol (...) Sejarawan Peter Austin mencatat bahwa semua lantai, langit-langit, dan tangga terbuat dari ubin kubah (...) Guastavino dikutip sebagai inspirasi Basilica de los Desamparados abad ketujuh belas di kota asalnya Valencia, yang juga memiliki kubah elips dengan denah persegi panjang. Eksterior berwarna cerah di bagian atas setiap menara menunjukkan pengaruh lebih lanjut arsitektur Valencia pada desain Guastavino .