Basilika Santo Isidorus, León

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Isidorus
Basilika Minor Santo Isidorus dari León
Spanyol: Real Colegiata Basílica de San Isidoro
Basilika Santo Isidorus
LokasiLeón
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan León

Basilika Santo Isidorus (Basílica de San Isidoro de León) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di kota León, Castile dan León, Spanyol. Bangunan gereja ini terletak di situs kuil Romawi kuno. Akar Katoliknya dapat ditelusuri kembali ke awal abad ke-10 ketika sebuah biara Santo Yohanes Pembaptis didirikan di lahan tersebut.

Pada tahun 1063 basilika ini didedikasikan kembali kepada Santo Isidorus dari Sevilla. Isidorus adalah uskup agung Sevilla, dan akademisi serta teolog paling terkenal di Visigoth Spanyol pada periode sebelum invasi Arab. Dengan persetujuan Abbad II al-Mu'tadid, penguasa Seville Muslim, relik Isidore dibawa ke Leon di mana relik tersebut dapat dikebumikan di tanah Kristen. Makam orang suci itu masih menarik banyak pengunjung hingga saat ini. Patung Santo Isidore berkuda yang berpakaian seperti Pembunuh Moor terlihat, bersama dengan banyak patung lainnya, tinggi di fasad.

Pada 1188, Cortes León diadakan di sini. Ini adalah contoh pertama arisme parlemen modern dalam sejarah Eropa, menurut UNESCO dan buku John Keane The Life and Death of Democracy .[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]