Basilika Santa Maria dari Takhta, Manresa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Maria dari Takhta
Basilika Minor Santa Maria dari Takhta
Spanyol: Colegiata Basílica de Santa María de la Aurora
Basilika Santa Maria dari Takhta
LokasiManresa
Negara Spanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Vic

Basilika Kolegiat Santa Maria (bahasa Katalan: Santa Maria de Manresa; Spanyol: Santa María de Manresa), juga dikenal sebagai La Seu, adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Manresa, Catalonia, utara Spanyol.[1]

Kubah gotik di bagian dalam.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja Santa Maria sudah didokumentasikan sejak tahun 890. Pada tahun 999 bangunan tersebut dihancurkan oleh pasukan Islam, Al-Mansur, serta seluruh kota. Pada tahun 1000 Count Ramon Berenguer I dari Barcelona, bersama dengan ibunya Ermesinde dan Oliva, uskup Vic, memutuskan untuk memperbarui gereja.

Saat ini hanya sedikit sisa-sisa yang dilestarikan dari struktur Romawi ini, dan pendahulunya sebelum Romawi, termasuk kolom-kolom di galeri (abad ke-11), menampilkan kolom-kolom dengan ibu kota bermotif tumbuhan dan geometris, serta portal abad ke-12. Selama abad ke-14, Manresa mengalami perluasan besar-besaran, dan struktur Gotik baru ditambahkan di atas gereja yang sudah ada sebelumnya. Konstruksi dimulai pada tahun 1322, di bawah desain oleh arsitek Berenguer de Montagut, yang sebelumnya bekerja di Santa Maria del Mar di Barcelona. Batu pertama ditempatkan pada tahun 1328 tetapi pengerjaannya berlanjut hingga abad ke-15 dan setelahnya.

Ruang bawah tanah dibangun pada tahun 1578, diikuti oleh Kapel Yang Mahakudus pada tahun 1657. Menara lonceng berbentuk segi empat dibangun pada tahun 1592, sedangkan biara Barok dibangun pada awal abad ke-18. Fasad utama dan tempat pembaptisan dibuat dari tahun 1915 hingga 1934, dirancang oleh Alexandre Soler i March, berdasarkan ide Antoni Gaudí.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Gereja memiliki bagian tengah dan dua lorong yang jauh lebih sempit, dipisahkan oleh delapan belas pilaster segi delapan, dimahkotai dengan ibu kota bermotif tumbuhan. Tidak ada transept. Interiornya memiliki sedikit dekorasi, kecuali jendela polikrom besar.

Detail dari meja altar Roh Kudus.

Karya seni meliputi altarpiece berikut:

  • Jalan. Markus, oleh Arnau Bassa (1346)
  • Roh Kudus, karya Pere Serra (1394), dianggap sebagai salah satu contoh lukisan Catalan terbaik pada abad ke-14
  • Jalan. Michael dan Santo Nikolaus, oleh Jaume Cabrera (1406)
  • Tritunggal Mahakudus, karya terakhir Gabriel Guàrdia (1501)

Ada juga lukisan karya Lluís Borrassà (1411).

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Manual del arte español: introducción al arte español' ' Halaman 363 2003 "Igual que Santa María de Manresa lo es en other medida. En la primera, Berenguer de Montagut concibió un esbelto edificio de tres naves."