Basilika Santa Maria, Phoenix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santa Maria
bahasa Inggris: St. Mary's Basilica
Basilika Santa Maria
LokasiPhoenix, Arizona
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Situs webSt. Mary's Basilica
Sejarah
DedikasiMaria
Tanggal dedikasi1915
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
ArsitekLeonard Darscheid; R. A. Gray & George Gallagher
GayaMisi-Spanyol
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Phoenix

Basilika Santa Maria (bahasa Inggris: St. Mary's Basilica); secara resmi Gereja Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di 231 North 3rd Street di sudut East Monroe Street di pusat kota Phoenix, Arizona,, Amerika Serikat. Sebelumnya dikenal sebagai Gereja Santa Maria. Dibangun dari tahun 1902 hingga 1914 dengan kombinasi gaya Kebangkitan Misi dan Kebangkitan Spanyol, dan diresmikan pada tahun 1915. Gereja ini menggantikan gereja adobe sebelumnya yang dibangun pada tahun 1881 ketika paroki itu didirikan. Sejak tahun 1895 paroki ini dikelola oleh biarawan Fransiskan, tetapi saat ini dikelola dan dioperasikan oleh pastor dari Keuskupan Phoenix. Gereja saat ini diangkat menjadi basilika minor oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1985.

Sebagai gereja paroki Katolik tertua di wilayah Phoenix Raya, basilika ini adalah satu-satunya paroki di Phoenix hingga tahun 1924 dan merupakan rumah bagi koleksi jendela kaca patri terbesar di Arizona dan organ pipa peringkat 26 dibangun oleh Perusahaan Organ Schantz.[1]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sun, The Catholic (2023-07-02). "Diocese of Phoenix assumes leadership of St. Mary's Basilica in transition ceremony". The Catholic Sun (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-10-19.