Basilika Kolegiat Kelahiran Santa Perawan Maria, Wiślica

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Kelahiran Santa Perawan Maria
Basilika Minor Kolegiat Kelahiran Santa Perawan Maria
bahasa Polandia: Bazylika kolegiacka Narodzenia Najświętszej Marii Panny w Wiślicy
Basilika Kelahiran Santa Perawan Maria
LokasiWiślica
Negara Polandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Kolegiat Kelahiran Santa Perawan Maria (bahasa Polandia: Bazylika kolegiacka Narodzenia Najświętszej Marii Panny w Wiślicy) adalah sebuah gereja basilika minor Gereja Katolik, didirikan pada tahun 1350, terletak di kota Wiślica selatan Polandia, pada masa pemerintahan Raja Kasimir III dari Polandia.[1] Dibangun di atas fondasi dua gereja Romawi sebelumnya, dari yang sisa-sisanya telah disimpan di ruang bawah tanah.[2]

Sejak 8 September 2005, tempat ini ditetapkan sebagai Basilika minor.[3]

Asal[sunting | sunting sumber]

Gereja kolegiat Romawi[sunting | sunting sumber]

Pembangunan gereja kolegiat bergaya Romawi pertama di Wiślica, kota yang pada awal Abad Pertengahan merupakan salah satu pusat administrasi terbesar di Polandia selatan, diprakarsai oleh Pangeran Henry dari Sandomierz pada pertengahan abad ke-12, dan selesai pada tahun paruh kedua abad ke-12 oleh saudaranya, Casimir II yang Adil. Setelah selesai, itu adalah bangunan kecil dengan satu bagian tengah, dengan apse kecil. Di bagian barat panti umat, terdapat galeri atau loteng paduan suara dan di bawah presbiterium, terdapat ruang bawah tanah, yang sisa-sisanya masih dapat ditemukan. Ruang bawah tanah itu didukung oleh empat kolom.

Pada awal abad ke-13, Gereja Perguruan Tinggi Tritunggal Mahakudus yang lebih besar dibangun. Terdiri dari tiga bagian tengah, dua bagian luar dengan kapel samping. vault ditopang oleh enam pilar, dan terdapat dua menara di [[fasad] barat. Ada kemungkinan bahwa sejak pertengahan abad ke-12, gereja merupakan pusat dari kapitel, yang diawasi oleh para uskup di Kraków. Namun, dokumen paling awal yang mengkonfirmasi keberadaan bab ini berasal dari pertengahan abad ke-13.

Gereja perguruan tinggi Gotik[sunting | sunting sumber]

Gereja ketiga dan sekarang dibangun untuk Raja Casimir III.[4] Itu adalah salah satu dari beberapa gereja yang dibangun oleh penguasa Polandia sebagai penebusan atas pembunuhannya terhadap pastor Katedral Wawel, Marcin Baryczka. Di bawah pemerintahan Raja Ladislaus II Jagiello (1386–1434) gereja perguruan tinggi di Wiślica dihiasi dengan fresco, yang sampai kepada kita dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Mereka sudah ditutup dengan plester pada pergantian abad ke-17 dan ditemukan selama Perang Dunia I.[5] Gereja perguruan tinggi dirusak dan kemudian dibangun kembali beberapa kali. Pada tahun 1598 atap dan jamnya diperbarui, ruang pengakuan dosa ditambahkan dan patung Madonna diganti. Pada tahun 1678, renovasi umum gereja dilakukan dengan biaya 6.000 zlotys. Empat tahun kemudian, badai es menghancurkan atap.

Pada akhir abad ke-18, desa Wiślica menjadi bagian dari Kekaisaran Austria dalam Pemisahan Polandia kemudian, setelah Perang Napoleon, desa tersebut dianeksasi oleh [[Kekaisaran Rusia] ] sampai setelah Perang Dunia I.

Pada tahun 1915, gereja tersebut rusak parah akibat artileri Austria selama pertempuran kecil dengan Tentara Rusia. Fasad Barat hancur, bersama dengan menara abad ke-13. Setelah perang, ketika Wiślica menjadi bagian dari Republik Polandia Kedua, kerusakan diperbaiki dengan bantuan Profesor Adolf Szyszko-Bohusz, seorang arsitek terkenal dari Universitas Jagiellonian. Pada tanggal 7 September 1924, gereja tersebut memperoleh kembali status gereja perguruan tinggi, yang telah hilang pada tahun 1819.

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Gereja ini terbuat dari batu, kecuali fasad barat yang dihancurkan pada tahun 1915 dan dibangun kembali dari batu bata. Di tembok utara terdapat lampiran, dibangun pada paruh kedua abad ke-17, dengan sakristi. Di ruang depan terdapat portal khas dan pintu di dalamnya dihiasi roset abad ke-15. Di atas portal, terdapat relief rendah untuk memperingati Raja Casimir III dan Jan Bodzanta, Uskup Kraków. Itu didanai pada tahun 1464, atas prakarsa Jan Długosz, yang pada pertengahan abad ke-15 menjadi kanon di Wiślica. Portal Utara dibangun pada paruh kedua abad ke-14, dengan beberapa elang dan lambang provinsi Polandia. Di dekatnya, ada jendela buta, yang menurut legenda, Statuta Wiślica diumumkan pada tahun 1347. Kubah di bagian tengah sebagian berusuk, ditopang oleh tiga pilar. Di beberapa tempat pada lemari besi terdapat lambang bagian Kerajaan Polandia pada masa pemerintahan Casimir III: Polandia Besar, Ruthenia , Tanah Sieradz, Tanah Leczyca, dan Tanah Dobrzyń. Ada juga Simbol Penginjil dan kepala Yesus. Di dalam pastoran, terdapat sisa-sisa beberapa lukisan dinding pasca-Bizantium, yang dibuat oleh Master Hail, seorang pelukis Ortodoks dari Przemyśl antara tahun 1397 dan 1400. [6]

Di altar, terdapat patung Madonna Łokietek, yang berasal dari sekitar tahun 1300.[3] Menurut legenda, Raja Wladyslaw the Setinggi siku berdoa di sana untuk persatuan negara. Selain itu, Ratu Jadwiga dari Polandia konon berdoa di sana bersama suaminya, Raja Jogaila.

Di ruang bawah tanah gereja, terdapat lantai figuratif bergaya Romawi yang unik, dengan ukiran orang dan hewan yang berbeda di atasnya. Lantai berukuran 4 kali 2,5 meter ini berasal dari sekitar tahun 1170 dan ditemukan pada tahun 1959.

Di dekat gereja terdapat museum kecil, yang menggambarkan sejarah Wiślica sebagai salah satu pemukiman abad pertengahan Polandia.[7]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Halaman Web Wislica
  2. ^ Jejak tulisan tertua, profesor Andrzej Buko[pranala nonaktif permanen]
  3. ^ a b miesta/wislica-2013-tempat lahir-negara-Polandia/pot_article_view Portal perjalanan nasional Polandia
  4. ^ Nicola Coldstream, Arsitektur Abad Pertengahan, halaman 196
  5. ^ Freski fundacji Władysława II Jagiełły w kolegiacie wiślickiej. doi:10.12681/byzsym.13888. ISBN 978-83-8138-459-9. 
  6. ^ Ensiklopedia Ukraina
  7. ^ New York Times , Setelah Menjangkau ke Luar, Polandia Melihat Kembali ke Akarnya