Basilika Bunda dari Brebières, Albert

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda dari Brebières
Basilika Minor Bunda dari Brebières
Prancis: Basilique Notre-Dame de Brebières
Basilika Bunda dari Brebières
LokasiAlbert, Somme
Negara Prancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
GayaBizantium
Peletakan batu pertama1885
Selesai1897
Administrasi
KeuskupanKeuskupan Amiens

Basilika Bunda Maria dari Brebières (Prancis: Basilique Notre-Dame de Brebières) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Albert, Somme, Prancis. Gereja ini dirancang oleh Edmond Duthoit pada tahun 1897. Strukturnya telah sepenuhnya dibangun hancur selama penembakan di Perang Dunia I dan dibangun kembali oleh putra arsitek asli Louis Duthoit dari tahun 1927 hingga 1931.

Patung Perawan Emas yang dirancang oleh Albert Roze terletak di atas kubah Basilika dan menjadi objek daya tarik selama Perang Dunia I.[1]

Paus Leo XIII memberikan dekrit penobatan kanonik kepada patung Maria yang dihormati itu pada tanggal 19 Juni 1901. Legenda-legenda saleh di kalangan tentara pada saat itu mengklaim adanya ramalan supernatural bahwa ketika sebuah rudal Jerman menghantam patung Maria yang terkenal di atas gereja, Perang Dunia Pertama akhirnya akan berakhir.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

18 Juli 1916: The Golden Virgin digantung di Gereja Notre Dame di Albert. Legenda prajurit mengatakan bahwa ketika Perawan yang terkena tembakan Jerman jatuh, perang akan berakhir.

Basilika dimulai sebagai gereja paroki. Pada abad ke-11 banyak umat Katolik berziarah ke gereja paroki di situs tersebut untuk melihat patung bernama "Bunda Maria dari Anak domba" yang menurut legenda ditemukan oleh seorang penggembala pada Abad Pertengahan. Umat ​​Katolik menyebarkan desas-desus tentang mukjizat yang berkaitan dengan patung tersebut.[1] Pada tahun 1834 Paus Gregorius XVI memperhatikan berkembangnya legenda patung tersebut dan membangun sebuah gereja yang lebih besar di lokasi tersebut. Selama bertahun-tahun gereja-gereja megah dibangun dan akhirnya Basilika Our Lady of Brebières. Patung besar baru Seni Maria bertajuk Perawan Emas dipasang di kubah.[1]

Pembangunan Basilika dimulai pada tahun 1885 dan berlangsung hingga tahun 1897. Basilika ini dibangun dengan batu dan bata merah: menara loncengnya menjulang lebih dari 200 ft (61 m).[2] Pada tahun 1901 Paus Leo XIII mentahbiskan gereja dan, melihat Perawan Emas, dia menyebut Basilika itu "Lourdes dari Utara" . Patung itu diikatkan pada 76 m (249 ft 4 in) menara lonceng.[2][3]

Perang Dunia Pertama[sunting | sunting sumber]

1918: kavaleri Inggris melewati reruntuhan katedral Albert, Prancis, selama Perang Dunia I

Patung Perawan Emas yang berdiri di kubah Basilika rusak Selama Pertempuran Albert 1914. Pada tahun 1914 Perancis dan Jerman mengerahkan pasukan mereka di Albert, Perancis dan Pasukan Jerman mencurigai bahwa Perancis mungkin menggunakan menara lonceng sebagai pos pengamatan untuk mengarahkan manuver militer, sehingga mulai bulan Oktober 1914 mereka menembaki kubah tersebut.

Pada tanggal 7 Januari 1915 kubahnya dihancurkan dan pada tanggal 21 Januari 1915 pangkalan Perawan Emas dihantam dan patung itu terlempar ke samping melewati sudut 90 derajat.[4]

Patung Madonna dan Kanak-kanak Yesus di atas kubah dirusak, dipisahkan, disusun kembali, dan ditempatkan di atas basilika yang baru direkonstruksi.[5]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Holt, Tonie; Holt, Valmai. Hari Jadi ke-100 Somme. Yorkshire, Inggris. hlm. 368. ISBN 9781473866744. Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  2. ^ a b Templat:Cite buku
  3. ^ Daubs, Katie (15 Oktober 2018). -sign-from-the-heavens.html "'Saat Perawan jatuh, perang akan berakhir'" Periksa nilai |url= (bantuan). Toronto Star. Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  4. ^ Sumner, Ian. Tentara Prancis di Somme 1916. Inggris Raya: Militer Pena dan Pedang. ISBN 978-1-52672-548-6. Diakses tanggal 13 Oktober 2021. 
  5. ^ see/basilique.html "Basilique Notre-Dame de Brebières, Albert, Prancis" Periksa nilai |url= (bantuan). Diakses tanggal 14 Oktober 2021. Bangunan anggun, di atasnya terdapat Perawan emas dan 'bayi terbang'.