Basilika Bunda Para Martir, Lisboa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda Para Martir
Basilika Minor Bunda Maria dari Para Martir
Portugis: Basílica de Nossa Senhora dos Mártires
Basilika Bunda Para Martir
LokasiLisboa
Negara Portugal
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungPatriarkat Lisboa

Basilika Bunda Maria dari Para Martir [1] (Portugis: Basílica de Nossa Senhora dos Mártires)[2] adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Rua Garrett, di Chiado, Lisboa,[3] ibu kota Portugal.[4] Basilika ini termasuk ke dalam yurisdiksi paroki Santa Maria (di wilayah paroki lama para Martir). Dibuat dalam gaya barok dan akhir gaya neoklasik, ini adalah contoh kualitas arsitektur religius dalam konteks penataan ulang Pombaline di Lisbon.

Paroki Our Lady of the Martyrs didirikan segera setelah penaklukan kembali Lisbon ke Moor pada tahun 1147, yang berawal dari sebuah kapel kecil yang dibangun untuk menampung gambar Perawan yang dibawa oleh Tentara salib Inggris, Disebut oleh orang-orang sebagai Bunda Para Martir untuk mengenang semua prajurit yang tewas dalam pertempuran untuk membela iman Kristen. Menurut tradisi, D. Afonso Henriques meminta bantuan dan perlindungan Perawan, dan di dalamnya, pembaptisan pertama dilakukan di kota setelah Penaklukan Kembali.

Pertapaan tersebut sudah menjadi gereja barok besar pada tahun 1755 ketika hancur total akibat gempa bumi yang melanda Lisbon tahun itu. Basilika saat ini dirancang oleh Reinaldo Manuel dos Santos, setelah diresmikan oleh otoritas keagamaan pada bulan Maret 1784.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Bunda Maria Para Martir
  2. ^ Pessoa, Fernando; Llardent, José Antonio (1995-01-01). +dos+M%C3%A1rtires Poesía Periksa nilai |url= (bantuan). 
  3. ^ =pHsvAQAAMAAJ&q=Bas%C3%ADlica+de+Nossa+Senhora+dos+M%C3%A1rtires O Chiado pitoresco dan elegan: sejarah, figura, kegunaan dan kostum Periksa nilai |url= (bantuan). Município de Lisboa. 
  4. ^ Santos. %ADlica+de+Nossa+Senhora+dos+M%C3%A1rtires Broteria. serie mensal Periksa nilai |url= (bantuan).