Basilika Bapa Yang Kekal, Trindade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bapa Ilahi Yang Kekal
Portugis: Basílica do Divino Pai Eterno
Basilika Bapa Ilahi Yang Kekal
LokasiTrindade
Negara Brasil
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Bapa Yang Kekal[1] (Portugis: Basílica do Divino Pai Eterno)[2] disebut juga Basilika Bapa Kekal Ilahi adalah sebuah gereja basilika minor dan tempat suci Katolik yang terletak di kota Trindade[3] di negara bagian Goiás, di Brasil,[4] satu-satunya basilika di dunia yang didedikasikan kepada Bapa Ilahi yang Kekal.

Sekitar tahun 1848 dibangun kapel pertama yang ditutupi daun Burití. Belakangan, sebuah kapel besar dibangun di tepi «Barro Preto». Kapel ketiga dibangun pada tahun 1876. Tempat Suci pertama Bapa Ilahi yang Kekal diresmikan pada tahun 1912. Tempat suci pertama ini dikenal sebagai tempat suci kuno, dan merupakan induk dari Paroki Tritunggal.

Pada tahun 1943, Don Emanuel Gomes de Oliveira, uskup agung Goiás pada saat itu, menjadikannya sebagai landasan Suaka Baru. Pada tahun 1955, meskipun telah dilakukan segala upaya, pekerjaan tersebut belum selesai. Pada tahun 1957, dengan pembentukan dan pelantikan Keuskupan Agung Katolik Goiânia, Uskup Agung Fernando Gomes dos Santos, uskup agung pertama keuskupan agung ini, mempresentasikan proyek pembangunan tempat suci tersebut. Pada tahun 1974, novena dan pesta Bapa Ilahi yang Kekal dapat dilaksanakan di lokasi tersebut.

Pada tahun 1994 dimulailah reformasi dan penyesuaian bangunan untuk memberikan martabat yang disebut "Tempat Suci Bapa Ilahi yang Kekal". Dengan bantuan para peziarah dan umat, candi tersebut direnovasi total.

Pada tahun 2006 di bawah masa kepausan Benediktus XVI gereja tersebut dinyatakan sebagai Basilika.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Bapa Yang Kekal
  2. ^ Rocha, Associate Professor dan ARC Future Fellow di Pusat Penelitian Agama dan Masyarakat Cristina; Rocha, Cristina. John of God: Globalisasi Penyembuhan Iman Brasil. Oxford University Press. ISBN 9780190466718. 
  3. ^ DESBRAVANDO NOSSO FOLCLORE. ISBN 9788578935733. 
  4. ^ Braga, Claudomilson Fernandes; Cirino, José Antônio Ferreira. Mewakili Sosial dan Komunikasi: dialog dan konstruksi. PPGCOM/FIC/UFG. ISBN 9788591477678.