Bartolomeo Contarini

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Bartolomeo Contarini adalah seorang pebisnis Venesia yang menikahi adipati perempuan Athena Chiara Zorzi pada tahun 1453 dan menguasai kadipaten atas nama putra Chiara yang masih bayi, Francesco I.

Bartolomeo adalah putra dari Priam, castellan Nauplia. Setelah pergi ke Athena untuk berbisnis, ia jatuh cinta dengan Chiara dan memerintahkan agar istrinya di Venesia dibunuh sehingga ia bisa menikahi sang adipati perempuan. Namun, penduduk Athena tidak memercayainya dan takut nyawa putra Chiara terancam. Mereka memanggil Mehmet II, sultan Utsmaniyah, untuk turut campur atas nama adipati muda Fransesco. Bartolomeo dan Chiara dipanggil ke istana Mehmed di Adrianopel dan sang adipati muda diserahkan untuk diurus oleh sang sultan. Sementara itu, sepupunya, Francesco II, dikirim ke Athena sebagai adipati bawahan Turki.

Sang adipati baru memerintahkan agar Chiara dibunuh di Megara, sehingga Bartolomeo meminta agar sultan menegakkan keadilan. Athena lalu diambil alih oleh Turki dan Fransesco II dijatuhkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Setton, Kenneth M. (general editor) A History of the Crusades: Volume III — The Fourteenth and Fifteenth Centuries. Harry W. Hazard, editor. University of Wisconsin Press: Madison, 1975.
  • Setton, Kenneth M. Catalan Domination of Athens 1311–1380. Revised edition. Variorum: London, 1975.