Lompat ke isi

Barreleyes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Barreleyes atau disebut juga ikan hantu (panggilan yang juga digunakan pada beberapa spesies ikan Chimaera) merupakan ikan argentiniform di laut dalam yang berukuran kecil dari famili Opisthoproctidae pada perairan tropis sampai beriklim sedang di Samudra Pasifik, Atlantik, dan Hindia[1].

Nama ikan ini berasal dari penampilan matanya berbentuk seperti tabung dan tong yang mengarah ke atas dan ke depan untuk mendeteksi siluet mangsa disekitarnya. Opisthoproctidae diambil dari kata Yunani opisthe yang berarti 'di belakang' dan proktos berarti 'anus'.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Opisthoproctidae memiliki variasi morfologi dengan tiga komponen utama yaitu mata barelnya yang kokoh dengan tubuh terkompresi dan dalam pada genus Opisthoproctus dan Macropinna, ikan spook bertubuh ramping dan memanjang pada genus Dolichopteryx dan Bathylychnops, dan ikan spook berbentuk gabungan dari dua variasi sebelumnya dalam genus Rhynchohyalus dan Winteria .

Seluruh spesiesnya mempunyai mata teleskopik besar yang tertutup dalam kubah jaringan lunak transparan sehingga menonjol dan mendominasi pada kepala. Umumnya mata ini menatap ke atas, namun dapat juga diarahkan ke depan. Mata opisthoproctid mempunyai lensa besar dan retina mengandung komplemen sel batang dan kepadatan rhodopsin (pigmen berwarna ungu) yang tinggi namun tidak memiliki sel kerucut. Supaya penglihatannya lebih baik, ikan hantu mempunyai mata yang besar dan berbentuk kubah dengan kepala transparan sehingga memungkinkan matanya dapat mengumpulkan lebih banyak cahaya serta berkemungkinan untuk melindungi mata sensitifnya dari nematosist (sel penyengat) pada siphonophores yang diyakini mencuri makanan ikan hantu.  Ia juga dapat berfungsi sebagai lensa aksesori (dimodulasi oleh otot intrinsik atau perifer), atau membiaskan cahaya dengan indeks yang sangat dekat dengan air laut. Dolichopteryx longipes adalah satu-satunya vertebrata yang diketahui menggunakan cermin (dan juga lensa) di matanya untuk memfokuskan gambar.

Mulut ompongnya kecil dan terminal, berakhir dengan moncong runcing. Seperti pada famili terkait (misalnya Argentinidae ), terdapat organ epibranchial atau crumenal di belakang lengkungan insang keempat . Organ ini — serupa dengan ampela — terdiri dari divertikulum kecil tempat penyapu insang menyisipkan dan melakukan interdigitasi untuk tujuan menggiling bahan yang tertelan. Tubuh hidup sebagian besar spesies berwarna coklat tua, ditutupi sisik besar berwarna keperakan , tetapi sisik ini tidak ada pada Dolichopteryx , sehingga tubuhnya sendiri berwarna putih transparan. Pada semua spesies, sejumlah melanofor gelap mewarnai moncong, permukaan perut, dan garis tengah.

Juga terdapat pada spesies Dolichopteryx , Opisthoproctus , dan Winteria sejumlah organ bercahaya; Dolichopteryx memiliki beberapa sepanjang perutnya, dan Opisthoproctus memiliki organ tunggal berupa kantong dubur. Organ-organ ini bersinar dengan cahaya lemah karena adanya bakteri bioluminescent simbiosis , khususnya Photobacterium fosforeum (keluarga Vibrionaceae ). Permukaan ventral spesies Opisthoproctus dicirikan oleh 'sol' yang rata dan menonjol; pada perut cermin ( Opisthoproctus grimaldii ) dan Opisthoproctus soleatus , sol ini dapat bertindak sebagai reflektor, dengan mengarahkan cahaya yang dipancarkan ke bawah. Strain P. fosforeum yang ada pada dua spesies Opisthoproctus telah diisolasi dan dikultur di laboratorium. Melalui analisis polimorfisme panjang fragmen restriksi , kedua strain tersebut terbukti hanya sedikit berbeda.

Siklus hidup[sunting | sunting sumber]

Barreleyes menghuni kedalaman sedang, dari zona mesopelagis hingga batipelagis, dengan kedalaman sekitar 400–2.500 m. Mereka mungkin menyendiri dan tidak menjalani migrasi vertikal diel ; sebaliknya, mata barel tetap berada tepat di bawah batas penetrasi cahaya dan menggunakan mata tubularnya yang sensitif dan mengarah ke atas—disesuaikan untuk meningkatkan penglihatan binokular dengan mengorbankan penglihatan lateral—untuk mengamati perairan di atas. Banyaknya jumlah batang di retina mata mereka memungkinkan mata barel untuk melihat siluet objek di atas dalam cahaya sekitar yang paling redup (dan secara akurat membedakan cahaya bioluminesen dari cahaya sekitar), dan penglihatan binokular mereka memungkinkan ikan untuk melacak dan pulang secara akurat. pada zooplankton kecil seperti hidroid , kopepoda , dan krustasea pelagis lainnya . Sebaran beberapa spesies bertepatan dengan lapisan isohalin dan isoterm lautan; misalnya, pada Opisthoproctus soleatus , batas distribusi atas bertepatan dengan isoterm 400 m untuk 8 °C (46 °F).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Moyle, Peter B.; Cech, Joseph J. (2004). Fishes: an introduction to ichthyology (edisi ke-5th ed). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall. ISBN 978-0-13-100847-2.