Baris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Baris (bahasa Inggris: line) dalam ilmu komputer, merupakan satuan organisasi berkas teks. Suatu baris terdiri dari urutan sejumlah karakter (berjumlah nol atau lebih), biasanya ditayangkan dalam satu urutan horisonal tunggal.

Tergantung dari sistem berkas atau sistem operasi yang digunakan jumlah karakter dalam satu baris dapat ditentukan sebelumnya (predetermined) atau ditetapkan (fixed), atau panjangnya dapat bervariasi dari baris ke baris. Baris dengan panjang tetap kadang disebut record. Baris yang panjangnya bervariasi di ujung akhirnya biasanya ditandai dengan satu atau lebih karakter end-of-line, seperti line feed atau carriage return.

Suatu "baris kosong" (blank line) biasanya merujuk kepada suatu baris yang terdiri dari karakter nol (tidak termasuk karakter-karakter end-of-line); meskipun dapat pula merujuk kepada baris manapun yang tidak mempunyai karakter tampak (hanya terdiri dari whitespace ("spasi putih")).

Sejumlah peralatan yang mengoperasikan berkas teks (misalnya, editors) mempunyai mekanisme untuk merujuk baris-baris dengan nomor baris.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]