Barco (perusahaan Belgia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Barco NV
Naamloze vennootschap
Kode emitenEuronextBAR
komponen BEL 20
IndustriTeknologi
Didirikan1934
PendiriLucien De Puydt
Kantor
pusat
Kortrijk, Belgia
Tokoh
kunci
Charles Beauduin & An Steegen, Direktur Utama
Produkteknologi tampilan, teknologi proyeksi, sarana konektivitas, pengolahan gambar
Pendapatan€1,029 miliar (2018)[1]
Karyawan
3600 (2018)
Situs webwww.barco.com

Barco NV adalah perusahaan teknologi asal Belgia yang bergerak di bidang teknologi proyeksi dan pencitraan digital, dengan fokus pada tiga pasar utama: hiburan, perusahaan, dan perawatan kesehatan.[2] Perusahaan ini mempekerjakan 3.600 karyawan yang berlokasi di 90 negara. Perusahaan ini memiliki 400 paten yang diberikan.[3] Barco berkantor pusat di Kortrijk, Belgia, dan memiliki fasilitasnya sendiri untuk Penjualan & Pemasaran, Dukungan Pelanggan, Litbang, dan Manufaktur di Eropa, Amerika Utara, dan Asia Pasifik. Saham Barco terdaftar di Euronext Brussels.[4] Barco memiliki kapitalisasi pasar sekitar €1,2 miliar (Februari 2018). Barco menjual produk ClickShare untuk memungkinkan proyeksi nirkabel dari perangkat pengirim ke layar penerima.


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Barco adalah akronim yang awalnya merupakan singkatan dari Belgian American Radio Corporation.[5] Barco didirikan pada tahun 1934 di kota Poperinge, di wilayah berbahasa Belanda di Belgia. Usaha awal dari pendiri Lucien de Puydt adalah merakit radio dari suku cadang yang diimpor dari Amerika Serikat - oleh karena itu nama perusahaannya adalah Belgium American Radio Corporation, atau "Barco".

Perintis radio Camiel Descamps memulai kembali perusahaan ini pada tahun 1941 di Kortrijk setelah sang pendiri, Lucien Depuydt, wafat. Istrinya Maria-Anna Reyntjens dan saudara iparnya Joseph Versavel membantunya. Kemudian, Elie Timmerman juga bergabung dengan mereka. Berawal dari kantor mereka di Kortrijk, perusahaan ini mulai berkembang dan menyebar ke 90 negara di seluruh dunia.

Pada tahun 1949, Barco mulai mengembangkan televisi multi-standar yang menerima standar sinyal yang berbeda, dan menjadi pemimpin dalam bidang tersebut. Sebuah jukebox yang disebut Barc-O-Matic dijual mulai tahun 1951. Pada tahun 1967, Barco merupakan salah satu perusahaan Eropa pertama yang memperkenalkan televisi berwarna. Berdasarkan hal ini, perusahaan ini kemudian memasuki pasar siaran profesional pada akhir tahun 1960-an, memasok monitor TV kepada lembaga penyiaran.[6]

Sejak tahun 1960-an dan seterusnya, Barco mengembangkan sayapnya ke berbagai aktivitas lain, termasuk komponen mekanis untuk keperluan industri, dan pemantauan kontrol kualitas untuk industri tekstil dan plastik. Pada tahun 1967, Barco menjadi produsen Eropa pertama yang memproduksi televisi portabel berbasis transistor.[7]

Barco pertama kali memasuki teknologi proyeksi pada tahun 1979, ketika memelopori pengembangan proyeksi tabung sinar katoda (CRT) di pesawat terbang. Selama beberapa tahun berikutnya, perusahaan ini secara bertahap hanya berfokus pada pasar profesional.

Pada pertengahan 1980-an, Barco menjadi pemasok teknologi proyeksi utama untuk raksasa komputer IBM, Apple dan Hewlett-Packard. Pada akhir 1980-an, perusahaan ini memasuki pasar saham Brussels. Pada tahun 1991, pangsa pasar Barco di pasar proyeksi grafis saja mencapai 75%, dan perusahaan ini telah mendirikan kantor di seluruh dunia, termasuk kantor pusat regional di Amerika Serikat dan Asia Timur.

Selama tahun 1990-an dan dekade pertama milenium baru, Barco mengembangkan dan memasarkan teknologi layar baru seperti layar kristal cair (LCD), dioda pemancar cahaya (LED), Digital Light Processing (DLP) dari Texas Instruments, dan kemudian, kristal cair pada silikon (LCoS). Kini, perusahaan ini mencakup pasar yang meliputi media dan hiburan, keamanan dan pemantauan, pencitraan medis, avionik, 3D dan realitas virtual, sinema digital, kontrol lalu lintas, penyiaran, serta pelatihan dan simulasi.

Pada tahun 2018, Barco membentuk usaha patungan dengan China Film Group Corporation (CFG), Appotronics, dan CITICPE untuk mengomersialkan produk dan layanan masing-masing perusahaan untuk pasar bioskop global, tidak termasuk daratan Tiongkok: Cinionic.[8] Dalam kasus Barco, ini melibatkan proyektor bioskop dari perusahaan tersebut.

Keberlanjutan[sunting | sunting sumber]

Komite Keberlanjutan Perusahaan Barco, yang terdiri dari 13 anggota, di bawah kepemimpinan Filip Pintelon, menyusun strategi keberlanjutan secara keseluruhan. Di bawah label "Barco 2020", Barco saat ini sedang mengembangkan rencana keberlanjutan yang mencakup tiga pilar: karyawan, komunitas, dan planet.

Beberapa pencapaian:

  • Program Keberlanjutan Pemasok[9]
  • Pengaturan Kesehatan dan Keselamatan[10]
  • Kepatuhan[11]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Barco Company Report 2018". Barco. 6 February 2019. Diakses tanggal 18 December 2019. 
  2. ^ "Company information". Barco (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-04-07. Diakses tanggal 2019-05-28. 
  3. ^ "Barco factsheet". Barco factsheet (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 30 April 2018. 
  4. ^ MarketScreener. "Barco : re-enters BEL20, Belgium's benchmark stock market index | MarketScreener". www.marketscreener.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-30. 
  5. ^ "75 years of Barco". Barco (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-03-30. 
  6. ^ "VRT, Belgium: Barco is the reference beacon in reference monitors". www.live-production.tv. Diakses tanggal 7 May 2018. 
  7. ^ "Barco Strato Ranger 1973". www.marcelstvmuseum.com. Diakses tanggal 7 May 2018. 
  8. ^ "Barco Joins Forces With Strategic Partners to Advance the Delivery of Dedicated and New Cinema Solutions - Celluloid Junkie". Celluloid Junkie (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 7 May 2018. 
  9. ^ "Supplier Sustainability Program - Barco". 
  10. ^ "EHS - third party - Barco". 
  11. ^ "Conflict Minerals Rule - Barco".