Bangau botak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bangau botak
Periode Late Miocene to Recent
Leptoptilos
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCiconiiformes
FamiliCiconiidae
GenusLeptoptilos
Lesson, 1831

Leptoptilos adalah genus bangau tropis yang sangat besar, umumnya dikenal sebagai bangau-botak atau bangau togntong . Namanya berarti bulu tipis ( lepto ) ( ptilos ). Dua spesies merupakan pembiak yang tinggal di Asia bagian selatan, dan bangau-botak marabou ditemukan di Afrika Sub-Sahara .

Ini adalah burung berukuran besar, biasanya berukuran 110–150 cm tinggi dengan 210–250 lebar sayap cm. Ketiga spesies tersebut masing-masing memiliki tubuh bagian atas dan sayap berwarna hitam, serta perut dan ekor bawah berwarna putih. Kepala dan lehernya telanjang seperti burung nasar . Paruhnya yang besar panjang dan tebal. Remaja adalah versi dewasa yang lebih kusam dan berwarna coklat.

Bangau Leptoptilos adalah pembiak. kolonial yang suka berteman di lahan basah, membangun sarang tongkat besar di pepohonan. Mereka memakan katak, serangga, burung muda, kadal, dan hewan pengerat . Mereka sering menjadi pemakan bangkai, dan kepala serta leher yang telanjang merupakan adaptasi terhadap hal ini, begitu pula burung nasar yang sering mereka makan. Kepala yang berbulu akan cepat menggumpal dengan darah dan zat lain ketika kepala burung pemulung berada di dalam mayat yang besar, dan kepala yang telanjang lebih mudah dibersihkan.

Kebanyakan bangau terbang dengan leher terentang, tetapi ketiga bangau Leptoptilos menarik lehernya saat terbang seperti kuntul .

Spesies[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama ilmiah Nama yang umum Distribusi
</img> Leptotilos crumenifer Bangau-botak marabou Afrika di selatan Sahara
</img> Leptoptilos javanicus Bangau tongtong Asia Selatan dan Tenggara, dari India dan Sri Lanka hingga india
</img> Leptotilos dubius Bangau-botak besar India utara hingga daratan Asia Tenggara

Referensi[sunting | sunting sumber]