Bang One

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Logo Bang One.

BangOne merupakan maskot dari stasiun televisi swasta, tvOne. Pertama kali tampil pada tanggal 4 Maret 2008.[1] Hingga saat ini karakter ini telah mengisi rubrik "Kabar BangOne" yang diselipkan pada setiap program berita tvOne. Selain itu, BangOne juga telah dipercaya untuk memiliki program acara sendiri yakni "BangOne Show" yang ditayangkan pada akhir pekan.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Karakter kartun ini pertama kali diciptakan oleh tim kreatif dari gabungan karikaturis yang dipimpin oleh Boyke Nathanael Sandroto, Rahmat Riyadi, dan Syarif Hidayat.[1] Pertama kali diciptakan sebagai bagian dari tajuk pemberitaan yang disampaikan pada setiap akhir penayangan berita di tvOne. Pada awalnya, kemunculan BangOne hanya berupa kartun bisu yang dialognya ditampilkan dalam balon kata. Isi dari animasi ini biasanya merujuk pada peristiwa yang sedang hangat dibicarakan saat itu. Di akhir acara, BangOne biasanya akan memberi tanggapan dan sindiran dari peristiwa tersebut.

Animasi ini dibuat oleh 46 animator.[2] Konsep dasarnya adalah gambaran wartawan ideal yang tidak gentar memberitakan kebenaran kepada masyarakat. Bang merupakan perwujudan dari aspirasi rakyat yang mengritis berbagai macam kebijakan pemerintah dari sudut pandang yang objektif. Berpenampilan pendek dan gemuk dengan wajahnya yang dihiasi oleh kumis dan kacamata sebagai ciri khasnya serta suaranya yang khas (diisi oleh pimpinan redaksi tvOne, Karni Ilyas). Kemunculan karakter BangOne sangat diterima dengan baik oleh masyarakat. Oleh sebab itu, pihak tvOne memberi kepercayaan kepada BangOne dengan membuat acara televisi khusus dipandu oleh karakter ini yakni "BangOne Show" dan "Catatan Hukum BangOne".

Saat ini, segmen Kabar BangOne hanya terdapat di program Kabar Petang di edisi Senin hingga Jumat saja.

BangOne pada media lain[sunting | sunting sumber]

Selain tampil dalam acara televisi, BangOne juga telah muncul dalam bentuk komik yang terbit sebagai bagian dari edisi ulang tahun tvOne. Komik ini juga dapat diakses melalui situs resminya.[3]

Pada tahun 2009, pihak manejemen tvOne, Sulaeman Sakib mengungkapkan adanya rencana pembuatan BangOne pada versi layar lebar. Diperkirakan kru yang terlibat dalam pembuatan versi layar lebar BangOne ini masih dipegang oleh tim kreatif yang sama. Kemungkinan besar versi layar lebar ini masih tetap dalam format animasi, sama seperti versi layar kacanya.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Tentang BangOne". BangOne.co.id. 2008. Diakses tanggal 28 Desember 2009. [pranala nonaktif permanen]
  2. ^ "Bang One Parodi TV One". Republika. 07-03-2009. Diakses tanggal 27-12-2009. 
  3. ^ "Komik BangOne". BangOne.co.id. 2008. Diakses tanggal 28 Desember 2009. [pranala nonaktif permanen]
  4. ^ "Bang One Diproyeksi ke Layar Lebar". Republika. 07-02-2009. Diakses tanggal 22-12-2009. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]