Bamir Topi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Bamir Topi
Presiden Albania
Masa jabatan
24 Juli 2007 – 24 Juli 2012
Perdana Menteri Sali Berisha
Didahului oleh Alfred Moisiu
Digantikan oleh Bujar Nishani
Informasi pribadi
Lahir 24 April 1957 (umur 57)
Tirana, Albania
Partai politik Partai Demokrat
Suami/istri Teuta Mema
Alma mater Universitas Pertanian Tirana
Profesi Dokter hewan

Bamir Myrteza Topi (Listeni /ba'miɾ 'tɔpi/, lahir 24 April 1957)[1] adalah Presiden Albania ke-5 yang menjabat sejak 24 Juli 2007 hingga 24 Juli 2012. Ia juga adalah Presiden Kehormatan klub sepak bola Albania KF Tirana.

Awal kehidupan dan kegiatan publik[sunting | sunting sumber]

Topi lahir di Tirana pada tanggal 24 April 1957 dan lulus dari Universitas Pertanian Tirana untuk studi kedokteran hewan dengan nilai yang tinggi. Dia meraih gelar Ph.D di bidang yang sama. Pada tahun 1984, ia diangkat sebagai Peneliti Ilmiah di Institut Riset Ilmiah Kedokteran Hewan sampai 1995. Selama periode 1987-1990, ia menghadiri studi pasca-sarjana di Italia di bidang Biologi Molekuler. Setelah kembali dari Italia, Topi diangkat menjadi Direktur Institut Keselamatan Makanan dan Kedokteran Hewan, posisi yang dimiliki hingga akhir 1995. Selama kegiatan di lembaga ini sebagai Direktur dan Ilmiah Peneliti, Topi memberikan fisiognomi dunia Barat untuk institusi penting negara. Di samping pekerjaannya sebagai Peneliti Ilmiah, Topi telah melaksanakan kegiatan akademik padat dalam penyusunan kurikulum pendidikan dari Farmakologi Toksikologi dan mata pelajaran bagi siswa dan mahasiswa pascasarjana Fakultas Kedokteran Hewan sementara pada saat yang sama ia juga seorang dosen subject ini sekitar satu dekade. Ia pertama kali terpilih sebagai anggota parlemen Majelis Albania pada tahun 1996 dan diangkat sebagai Menteri Pertanian dan Pangan, di mana ia menjabat sampai 1997.[1] Ia terpilih untuk tiga mandat dalam Majelis Albania sebagai calon Partai Demokrat Albania. Dalam dua istilah, Topi memimpin Kelompok Parlemen Partai Demokrat di Majelis. Dia telah terpilih wakil ketua Partai Demokratik Albania, yang dipimpin oleh Sali Berisha. Topi telah dibedakan dan banyak dipuji sebagai politikus dari profil dimoderasi, sebagai sangat aktif dalam menyelesaikan krisis antara mayoritas yang berkuasa dan oposisi dan sebagai protagonis perjanjian politik dan inisiatif berbagai parlemen. Dia juga memegang gelar Kehormatan Presiden klub sepak bola Albania KF Tirana.

Presiden Albania[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 8 Maret 2007, Topi mengatakan bahwa ia akan menjadi calon Partai Demokrat berkuasa dalam pemilihan presiden 2007. Berbagai pihak, baik Kristen Demokrat dan Partai Republik mengatakan bahwa mereka mungkin akan mendukungnya.[2] Parliament took 4 tries, and the opposition finally gave up and elected Topi, a choice of Prime Minister Sali Berisha.[3]

Pada pemungutan suara yang diadakan pada tanggal 8 Juli, Topi meraih 75 suara di parlemen. Hal ini tidak cukup untuk dipilih sebagai presiden, karena setidaknya 84 suara yang diperlukan. Pihak oposisi, yang dipimpin oleh Partai Sosialis, memboikot suara.[4] Putaran kedua pemungutan suara untuk pemilihan presiden diadakan pada tanggal 10 Juli. Parlemen masih gagal untuk memilih presiden, Topi kali ini menerima 74 suara.[5] Pada tanggal 14 Juli, pemilihan suara lain diadakan, kali ini, Topi menang hanya 50 suara, sementara Neritan Ceka dari Partai Aliansi Demokratik memenangkan 32.[6]

Pada tanggal 20 Juli, di babak keempat suara, Topi didukung oleh beberapa anggota oposisi dan memenangkan 85 suara, sehingga terpilih sebagai Presiden Republik Albania untuk masa jabatan lima tahun. Ia dilantik pada tanggal 24 Juli.[7]

Topi resmi mundur dari jabatannya sebagai wakil ketua Partai Demokratik Albania dan pada saat yang sama menarik diri dari partainya. Ia dianggap tidak memihak politik.

Dukungan bagi kemerdekaan Kosovo[sunting | sunting sumber]

Topi telah menjadi pendukung vokal kemerdekaan untuk Kosovo. Dia kukuh menunjukkan perlunya sebuah negara berdaulat Kosovo sebelum Dewan Eropa dan contoh-contoh internasional lainnya.

Dengan undangan bersama Presiden Kosovo, Fatmir Sejdiu dan kepala misi Perserikatan Bangsa-bangsa, Joachim Ruecker, Topi tinggal untuk kunjungan tiga hari di Kosovo pada bulan Januari 2009. Dia menyatakan sebuah warga kehormatan dari modal Pristina dan diberikan dengan medali emas,Dewi Throne. Selama kunjungannya, dia juga diberikan sebuah gelar doktor kehormatan oleh Universitas Pristina.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b CV at Albanian presidency website.
  2. ^ "Bamir Topi said he will be ruling party's presidential candidate", Southeast European Times, 9 March 2007.
  3. ^ Political Mavens
  4. ^ "Albania edges toward elections after presidential vote fails", Associated Press (International Herald Tribune), 9 July 2007.
  5. ^ "Standoff in Parliamentary Ballot to Pick New Albanian President", birn.eu.com, 11 July 2007.
  6. ^ "Albania opposition boycott prevents election of new president in 3rd round", Associated Press (International Herald Tribune), 14 July 2007.
  7. ^ "Albania's new president Bamir Topi sworn in", Associated Press (International Herald Tribune), 24 July 2007.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Alfred Moisiu
Presiden Albania
2007–2012
Diteruskan oleh:
Bujar Nishani