Baldwin Street, Dunedin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah rumah di Baldwin Street
Seorang turis
Baldwin Street
Mobil diparkir di Baldwin Street
DunedinBaldwinStreet Top.jpg
BaldwinStreet.jpg

Baldwin Street, di kota Dunedin, Selandia Baru, terkenal sebagai jalan paling curam di dunia. Jalan ini terletak di suburb North East Valley, 3,5 kilometer timur laut dari pusat kota Dunedin. Panjangnya 350 meter, bagian dasarnya tidak terlalu curam, dan permukaannya dari aspal, tapi bagian atas jalan buntu ini sangat curam dan terbuat dari beton. Kecuraman maksimumnya adalah sekitar 1:2,86 (19° atau 35%) - artinya untuk setiap 2,86 meter horizontal, naik 1 meter.

Guinness Book of Records[sunting | sunting sumber]

Baldwin Street masuk ke Guinness Book of Records, tapi salah cetak sehingga tertulis 1:1,266 (38° atau 79%). Jalan securam ini tidak mungkin dijalani, dan merupakan kesalahan cetak dari 1:2,66, yang juga sedikit lebih curam daripada angka sebenarnya 1:2,86. Kemungkinan lain adalah kesalah pahaman antara derajat dan persen, yaitu antara 38% dan 38°.

Namun Guinness Book masih mengakui Baldwin Street sebagai jalan tercuram di dunia dengan 35%. Canton Avenue di Pittsburgh mungkin lebih curam, secara resmi 37%. Selain itu jalan-jalan curam lainnya adalah Eldred Street di Highland Park, Los Angeles, California, yang memiliki kecuraman antara 32% sampai 33.3%; dan Filbert dan 22nd Streets di San Francisco, keduanya 31.5% (sekitar 17°).

Asal mula[sunting | sunting sumber]

Kecuraman Baldwin Street terjadi secara tidak sengaja. Seperti halnya banyak jalan lain di Dunedin, dan di Selandia Baru secara umum, jalan-jalan direncanakan dalam bentuk jaring tanpa memperhatikan terrain, biasanya oleh perancang di London. Dalam kasus Baldwin Street (dan Dunedin), tata letaknya dirancang oleh Charles Kettle pada akhir abad ke-19. Jalan ini dinamai menurut William Baldwin, seorang Provincial Councillor dan pendiri surat kabar Otago.

Walaupun jalan buntu, Baldwin Street terhubung di atas dengan jalan ke Calder Ave dan Arnold Street. Jalan-jalan yang paralel dengan Baldwin semuanya juga curam: Arnold St (1:3,6), Dalmeny (1:3,7), and Calder Ave (1:5,4).

Perayaan tahunan[sunting | sunting sumber]

Jalan ini menjadi tuan rumah dari perayaan tahunan "Baldwin Street Gutbuster". Setiap musim panas sejak pertengahan 1990-an, diadakan lomba lari dari dasar ke puncak dan turun lagi. Lomba ini diikuti oleh 1000 pelari setiap tahun. Pada tahun 2001, seorang mahasiswa University of Otago berusia 19 tahun meninggal ketika sedang menuruni jalan ini dengan wheelie bin bersama temannya. Ia tabrakan dengan sebuah trailer yang sedang diparkir dan tewas seketika. Temannya mengalami gegar otak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 45°50′58″LS,170°32′05″BT