Baldwin Spencer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Untuk antropolog, lihat Walter Baldwin Spencer
Baldwin Spencer
Baldwin Spencer.jpg
Perdana Menteri Antigua dan Barbuda
Masa jabatan
24 Maret 2004 – Sekarang
Penguasa monarkiElizabeth II
Gubernur JenderalLouise Lake-Tack
PendahuluLester Bird
PenggantiSedang Menjabat
Informasi pribadi
Lahir8 Oktober 1948 (umur 71)
Partai politikpartai Progresif Serikat
PasanganJacklyn Spencer

Winston Baldwin Spencer (lahir 8 Oktober 1948; umur 71 tahun) adalah Perdana Menteri dari Antigua dan Barbuda. Dia telah menjabat Perdana Menteri sejak 24 Maret 2004 ketika partainya, di Partai Progresif Serikat (UPP), yang telah memimpin sebagai partai oposisi selama beberapa tahun, memenangkan pemilu parlemen. Dia juga telah menjabat Menteri Luar Negeri sejak 6 Januari 2005.

Pemimpin Oposisi[sunting | sunting sumber]

Karier Baldwin Spencer berakar sebagai tenaga kerja. Untuk seperempat abad, dia adalah seorang pemimpin buruh terkemuka di Serikat Pekerja Antigua dan Barbuda. Spencer pertama kali dipilih ke Parlemen pada tahun 1989 sebagai anggota parlemen untuk konstituensi Pedesaan Barat St John's.

Pada tahun 1992, Baldwin Spencer memainkan peran integral dalam pembentukan Serikat Partai Progresif. Sebelum menjabat sebagai pemimpin dengan Partai Serikat Demokrat Nasional dan memimpin pertemuan kolaboratif dengan Gerakan Pembebasan Antigua Karibia yang mengakibatkan pembentukan Partai Serikat Progresif. Setelah pembentukan partai, Spencer naik untuk menjadi pemimpin politik partai dan Pemimpin Oposisi di Parlemen.

Sebagai Pemimpin Oposisi, Baldwin Spencer mengorganisir demonstrasi publik dan melakukan mogok makan untuk advokasi reformasi pemilu dan setelah pemilu 1999 banyak kritikan diarahkan kepadanya. Advokasinya menyebabkan pembentukan suatu Komisi Pemilihan independen untuk mengawasi pemilihan di Antigua dan Barbuda. Dia juga memimpin perjuangan untuk memastikan oposisi yang memiliki akses ke media milik negara, seperti stasiun televisi, Antigua Broadcasting Service (ABS). Untuk itu, ia mengajukan tertulis dan mengambil Pemerintah Burung ke pengadilan dengan alasan bahwa, dalam masyarakat demokratis, warga negara memiliki hak untuk mendengar perspektif politik yang berlawanan terhadap gelombang udara pemerintah.

Perdana menteri[sunting | sunting sumber]

Spencer dengan Presiden Brasil, Lula da Silva.

Pada tahun 2004, Baldwin Spencer memimpin Partai Serikat Progresif untuk kemenangan telak dalam pemilihan umum. Ia mengalahkan Lester Burung ALP, yang telah memerintah Antigua dan Barbuda selama 28 tahun sebelumnya. Dalam pemerintahan, ia pindah untuk menetapkan trio reformasi pemerintahan yang baik: sebuah sekolah program makanan nasional, menaikkan upah minimum dan membayar semua pegawai negeri sipil.

Di dunia internasional, Baldwin Spencer dikenal sebagai seorang diplomat yang terampil membantu dan negaranya menganggap kepemimpinan Kelompok 77 pada tahun 2008. Sebuah bukti keterampilan diplomatiknya, Perdana Menteri Spencer menerima urutan tertinggi Pantai Gading, Komandan Orde Nasional. Dia juga diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk kepemimpinannya, menerima Millenium Development Goals Achievement Award sebagai pengakuan untuk karyanya memajukan penyebab pembangunan internasional.[1]

Para UPP memenangkan pemilu Maret 2009 dengan mayoritas penurunan sembilan dari 17 kursi. Spencer sendiri mengalahkan kandidat ALP Gail Kristen di konstituensi Pedesaan Barat John St, menerima 2.259 suara melawan 1.753 untuk Kristen. Spencer mengatakan, pada kesempatan ini bahwa mereka akan "tidak menjadi bisnis seperti biasa" dan ia segera dilantik untuk istilah lain sebagai Perdana Menteri ketika penghitungan suara selesai.[2]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Perdana Menteri Spencer menikah dengan Jacklyn Spencer dan merupakan ayah dari dua anak.

Pada hari Sabtu 16 Agustus 2008 Spencer dinobatkan sebagai anggota kehormatan dari Klub Pathfinder, sebuah organisasi pemuda layanan Advent Hari Ketujuh.

Perdana Menteri Antigua Baldwin Spencer menerima peringkat pertemuan selama lebih dari 3.000 Pathfinders dari seluruh Karibia.

Alamat kontak[sunting | sunting sumber]

Perdana Menteri
Kantor Perdana Menteri
Queen Elizabeth Highway, Parliament Bldg
St. John's, Antigua
ANTIGUA & BARBUDA
[mail to:pmo@candw.ag Email the PM]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [1]
  2. ^ "UPP wins, but Bird back in parliament", Caribbean360.com, 13 March 2009.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Lester Bird
Perdana Menteri Antigua dan Barbuda
2004–sekarang
Petahana