Bahaya Penyakit Kelamin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bahaya Penyakit Kelamin
Sutradara Jasso Winarto
Produser Harris Lasmana
Penulis Jasso Winarto
Pemeran Rudy Salam
Farida Pasha
Doris Callebaute
Niken Basuki
Sultan Aladin
Sofia Amang
Aedy Moward
Ricca Rachim
Musik Gatot Sudarto
Sinematografi Kasiyo H
Penyunting Janis Badar
Tanggal rilis
1978
Durasi
78 menit
Negara Indonesia

Bahaya Penyakit Kelamin adalah film Indonesia tahun 1978 dengan disutradarai oleh Jasso Winarto serta dibintangi oleh Rudy Salam dan Farida Pasha.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Sepeninggal orang tuanya, Iwan (Rudy Salam) meninggalkan menuju ke Jakarta karena akibat goncangan jiwa. Di Jakarta Iwan menjadi salah satu pimpinan gerombolan perampok, berkenalan dengan Christine (Farida Pasha) istri seorang pelaut yang banyak kesepian karena sering ditinggal berlayar suaminya. Christine tidak pernah tahu siapa Iwan yang sebenarnya.Hubungan antara Iwan dan Christine sering berlangsung tanpa batas, tetapi kemudian mereka berpisah beberapa tahun. Selama dalam pelayaran,suami Christine tak luput dari dunia pelacuran dikala kapalnya singgah di pelabuhan.

Begitu pula Iwan, selama tidak bertemu Christine sering berganti pasangan termasuk dengan Doris (Doris Callebaute) teman sekolah yang kini menjadi foto model sambil melacur. Iwan tertular penyakit kelamin dan kemudian menular kepada Christine, dan mengakibatkan anak Christine menderita kebutaan yang berakhir dengan kematiannya. Terjadi keributan saling menyalahkan antara Christine dan suaminya. Akhirnya semuanya sling menyadari setelah Iwan ditembak kawanannya sendiri saat penguburan anaknya.[1]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Rudy Salam - Iwan
  • Dorris Callebaute - Dorris
  • Farida Pasha - Christine

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Laman Bahaya Penyakit Kelamin, diakses pada 15 Julli 2010

Pranala luar[sunting | sunting sumber]