Badan Pengatur Kesehatan Brasil

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Badan Pengatur Kesehatan Brasil
Agência Nacional de Vigilância Sanitária
Logotipo da Anvisa.jpg
Tentang lembaga
Kantor pusatBrasília, Brazil
Pejabat eksekutif
  • President-Director
Situs webhttp://www.anvisa.gov.br

Badan Pengatur Kesehatan Brasil, dalam bahasa Portugal Agência Nacional de Vigilância Sanitária (Anvisa) merupakan badan pengatur milik pemerintahan Brasil yang didirikan pada 1999 pada masa kepemimpinan Presiden Fernando Henrique Cardoso. Badan ini bertugas untuk mengatur dan menyetujui medikasi, standar kebersihan, dan mengatur industri makanan.

Badan ini menyebut diri mereka sebagai badan pengatur yang "dikelola secara independen dan otonom secara finansial". Badan ini diatur oleh lima orang direktur yang bekerja secara kolektif[1]. Setiap direktur bertanggung jawab mengawasi lima direktorat yang berbeda, dibantu oleh struktur pengawas lima lapis[2]. Sejak September 2018, badan ini dipimpin oleh William Dib.

Persetujuan pestisida[sunting | sunting sumber]

Brasil merupakan pengguna pestisida terbesar[3][4]. Pestisida pada umumnya digunakan dalam produksi jagung dan kedelai[3]. Jumlah pestisida yang disetujui meningkat secara "drastis" antara 2015 dan 2019[4]. Teresa Cristina, Menteri Pertanian menyatakan bahwa "tidak ada liberalisasi umum" dari pendaftaran pestisida dan tidak ada alasan untuk khawatir jika penggunaannya digunakan sesuai dengan instruksi penggunaan[4].

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sanitary Surveillance's official website in English". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-02-16. 
  2. ^ "ORGANOGRAMA". ANVISA. Diakses tanggal 6 October 2017. 
  3. ^ a b Jenny Gonzales (February 20, 2018). "Brazil's fundamental pesticide law under attack". Mongabay. Diakses tanggal July 30, 2019. 
  4. ^ a b c Sue Bradford, Thais Borges (May 3, 2019). "Brazil's Bolsonaro Green-Lights 150+ Pesticides This Year". EcoWatch. Diakses tanggal July 30, 2019.