Badan Energi Internasional

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Badan Energi Internasional (IEA)
Badan Energi Internasional (IEA)
Lambang
  Negara Anggota IEA   Calon untuk aksesi   Negara Anggota Asosiasi
  Negara Anggota IEA
  Calon untuk aksesi
  Negara Anggota Asosiasi
SekretariatParis, Perancis
Keanggotaan30 negara
Pemimpin
• Direktur Eksekutif
Fatih Birol
• Wakil Direktur Eksekutif
Paul Simons
PendirianNovember 1974; 45 tahun lalu (1974-11)
Situs web resmi
www.iea.org

Badan Energi Internasional (IEA; bahasa Prancis: Agence internationale de l'énergie) adalah organisasi antar pemerintah otonom yang berbasis di Paris yang didirikan dalam kerangka Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) pada tahun 1974 setelah Krisis minyak tahun 1973. IEA awalnya didedikasikan untuk menanggapi gangguan fisik dalam pasokan minyak, serta berfungsi sebagai sumber informasi tentang statistik pasar minyak dan sektor energi lainya.

IEA bertindak sebagai penasihat kebijakan untuk negara-negara anggotanya, tetapi juga bekerja dengan negara-negara non-anggota, terutama Tiongkok, India, dan Rusia. Mandat Badan telah diperluas untuk fokus pada "3E" kebijakan energi yang efektif: keamanan energi, pembangunan ekonomi, dan perlindungan lingkungan.[1] Yang terakhir berfokus pada mitigasi perubahan iklim.[2] IEA memiliki peran luas dalam mempromosikan sumber energi alternatif (termasuk energi terbarukan), kebijakan energi rasional, dan kerjasama teknologi energi multinasional.

Negara-negara anggota IEA diharuskan untuk mempertahankan tingkat stok minyak total yang setara dengan setidaknya 90 hari dari impor bersih tahun sebelumnya. Pada akhir Juli 2009, negara-negara anggota IEA memiliki cadangan minyak gabungan hampir 4.3 miliar barel (680,000,000 m3).

Pada 1 September 2015, Fatih Birol menjabat sebagai Direktur Eksekutif yang baru, menggantikan posisi mantan Menteri Urusan Ekonomi Belanda, Maria van der Hoeven.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "IEA Energy Scenarios: Change We Have to Believe In". Allianz Knowledge. 2008-06-23. Diakses tanggal 2008-07-03. 
  2. ^ "Environment". OECD/IEA. Diakses tanggal 2007-12-23. 
  3. ^ "Fatih Birol ushers in new era for IEA—Takes office as Executive Director of global energy authority". IEA. 1 September 2015. 

Bibliografi[sunting | sunting sumber]


Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Industri minyak bumi