Bab Bou Jeloud

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Fasad luar Bab Bou Jeloud
Bagian dalam dari gerbang.

Bab Bou Jeloud atau Bab Abi al-Jounoud (kadang juga ditulis Bab Boujeloud atau Bab Boujloud) adalah gerbang kota dengan hiasan dan merupakan pintu masuk utama sebelah barat ke Fes el Bali, bagian dari kota tua Fez, di Maroko.

Nama Bou Jeloud sudah ada jauh sebelum gerbang ini berdiri. Dari salah satu sumber mengatakan bahwa dalam bahasa lokal sehari-hari, kata "Bou Jnoud" berarti pawai atau lapangan militer, merujuk pada alun-alun besar yang dikenal sebagai Place Bou Jeloud (juga disebut Place el-Baghdadi ) tepat di luar, arah barat dari gerbang ini.[1]

Gerbang Bab Bou Jeloud ini awalnya adalah gerbang sederhana berasal dari sekitar abad ke-12.[2] Minaret yang tampak melalui gerbang ini adalah Madrasah Abu Inaniyah yang merangkap sebagai masjid, berada tidak jauh dari gerbang ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Le Tourneau, Roger (1949). Fès avant le protectorat: étude économique et sociale d'une ville de l'occident musulman. Casablanca: Société Marocaine de Librairie et d'Édition. hlm. 107–110. 
  2. ^ "Les portes de Boujeloud". À l'ombre du Zalagh, Madinat Fas (dalam bahasa Prancis). 2017-02-03. Diakses tanggal 2018-01-28.