BGM-109G Ground Launched Cruise Missile

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ground Launched Cruise Missile, atau GLCM, (secara resmi dinamai BGM-109G Gryphon) adalah rudal jelajah yang diluncurkan dari darat yang dikembangkan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dalam dekade terakhir Perang Dingin dan dilucuti berdasarkan Perjanjian INF.

[1][2][3]

Gambaran umum[sunting | sunting sumber]

BGM-109G dikembangkan sebagai counter untuk rudal nuklir MRBM dan IRBM mobile (SS-20 Sabre) yang digunakan oleh Uni Soviet di negara-negara Blok Timur Eropa. GLCM juga merupakan istilah umum untuk setiap rudal jelajah yang diluncurkan dari darat. Karena AS hanya mengerahkan satu rudal jelajah modern dalam peran taktis, nama GLCM tetap digunakan. GLCM dibangun oleh General Dynamics.[4][5]

Rudal jelajah yang dikonfigurasi secara konvensional, BGM-109 pada dasarnya adalah mesin terbang kecil tanpa pilot, didukung oleh mesin turbofan. Tidak seperti rudal balistik, yang ujungnya biasanya ditentukan oleh lintasan gravitasi, rudal jelajah mampu melakukan manuver udara yang rumit, dan dapat menerbangkan berbagai penerbangan terencana yang telah ditentukan sebelumnya. Selain itu, ia terbang pada ketinggian yang jauh lebih rendah daripada rudal balistik, biasanya dengan rencana penerbangan yang mencakup medan. Ksempatan penerbangan dengan observasi rendah ini adalah waktu serang; misil jelajah bergerak jauh lebih lambat daripada senjata balistik, dan GLCM adalah tipikal dalam hal ini.[6][7][8]

GLCM dikembangkan sebagai varian rudal Tomahawk yang diluncurkan dari darat yang digunakan oleh Angkatan Laut AS (bersama dengan versi peluncuran udara yang belum dikembangkan, Medium Range Air to Surface Missile (MRASM)) Tidak seperti varian Tomahawk lainnya, GLCM membawa hanya hulu ledak termonuklir W84; tidak ada kemampuan konvensional yang disediakan. Hulu ledak W84 adalah senjata dengan hasil variabel 0,2-150kt. Hasil ini kontras dengan hasil dari hulu ledak W80 yang ditemukan pada versi lain dari Tomahawk dan pada ALCM asal W84, yang memiliki hasil yang dapat dipilih 5 atau 150 kt. Pentagon mengkredit GLCM dengan jarak tempuh 2000–2500 kilometer. Seperti rudal jelajah AS lainnya pada periode ini, akurasi setelah lebih dari 2000 km penerbangan adalah sekitar 30 meter. Rudal itu seluruhnya subsonik, ditenagai oleh mesin turbofan dengan bantuan pendorong roket saat diluncurkan.[9][10][11]

Secara militer, GLCM ditargetkan terhadap target tetap — di tepi luar jangkauannya, waktu terbang rudal dengan turbofan subsoniknya lebih dari 2½ jam. Rudal diluncurkan dari peluncur yang ditinggikan, dengan rudal dikeluarkan dari tabungnya selama sekitar 13 detik penerbangan pendorong roket padat . Sirip diperpanjang 4 detik, saluran masuk udara dan sayap dipasang pada 10 detik dan mesin jet dimulai pada akhir fase boost. Terbang di level rendah, rudal dipandu oleh TERCOM (pencocokan kontur medan) ke target.

Ini sangat kontras dengan Pershing II, yang memiliki waktu terbang 10–15 menit. Namun, jangkauan GLCM memberinya kemampuan untuk menyerang jauh di dalam wilayah Soviet saat itu, dan panduan rudal serta penampang radar yang rendah akan membuatnya jauh lebih sulit untuk mencegat GLCM bahkan jika peluncurannya terdeteksi tepat waktu.

Personel BGM-109G dilatih di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan, Arizona, oleh Skuadron Pelatihan Rudal Taktis ke-868 sejak 1 Juli 1981. Pada 1 Oktober 1985, skuadron tersebut menjadi bagian dari Grup Pelatihan Rudal Taktis ke-868. Grup dan skuadron dinonaktifkan pada tanggal 31 Mei 1990. Daerah dekat Fort Huachuca, Arizona digunakan untuk pelatihan lapangan untuk penerbangan GLCM. Pengujian GLCM dilakukan di Dugway Proving Ground di Utah, dengan banyak orang yang terlibat dalam pengujian beralih ke sayap operasional saat sayap tersebut diaktifkan.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Raytheon AGM/BGM/RGM/UGM-109 Tomahawk". Designation systems. 
  2. ^ General Dynamics/McDonnell Douglas BGM-109G "Gryphon" Ground-launched Cruise Missile Diarsipkan 17 February 2006 di Wayback Machine.
  3. ^ "ICBMs". Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 October 2009. 
  4. ^ Werrell, Kenneth P. (1989). "The Weapon the Military Did Not Want: The Modern Strategic Cruise Missile". The Journal of Military History. 53 (October 1989): 419–438. doi:10.2307/1986108. 
  5. ^ "INF Theater / Operational Missiles". Russian / Soviet Nuclear Forces. FAS. 
  6. ^ Pentagon Confirms It’s Developing Nuclear Cruise Missile to Counter a Similar Russian One. Defense One. 2 February 2018.
  7. ^ Pengelly, Martin (20 October 2018). "Trump says US will withdraw from nuclear arms treaty with Russia". The Guardian. Diakses tanggal 20 October 2018. 
  8. ^ "Pompeo announces suspension of nuclear arms treaty". CNN (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 1 February 2019. 
  9. ^ "Air Force Magazine" (PDF). 
  10. ^ AAFM Newsletter, Volume 12, Number 4, dated December 2004, article "GLCM Part I" by Col (Ret) Charlie Simpson. Diarsipkan 30 September 2011 di Wayback Machine.
  11. ^ "The Missile Forums • View topic - GLCM Unit Order of Battle". Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 March 2012. Diakses tanggal 25 June 2011. 

 Artikel ini berisi bahan berstatus domain umum dari situs web atau dokumen Air Force Historical Research Agency.

Bacaan[sunting | sunting sumber]

  • Cochran, Thomas; Arkin, William M.; Hoenig, Milton M. (1984). Nuclear Weapons Databook Volume I: U.S. Nuclear Forces and Capabilities. Natural Resources Defense Council. ISBN 0-88410-173-8. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]