Ayam-salju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lagopus
Periode Early Pliocene to present
Lagopus
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoGalliformes
FamiliPhasianidae
GenusLagopus
Linnaeus, 1758
Species
See text

Lagopus adalah genus burung kecil dalam subfamili burung grouse yang umumnya dikenal sebagai ayam-salju atau ptarmigans ( /ˈtɑːrmɪɡənz/ ). Genus ini berisi tiga spesies hidup dengan banyak subspesies yang dideskripsikan, semuanya hidup di tundra atau daerah dataran tinggi yang dingin.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ketiga spesies tersebut semuanya merupakan spesialis menetap di daerah dingin. Ayam-salju dedalu, adalah spesies hutan boreal sirkumpolar, ayam-salju ekor-putih adalah burung alpin, Amerika Utara, dan ayam-salju batu berkembang biak di habitat Arktik dan pegunungan di Eurasia dan Amerika Utara. Kecuali ayam-salju dedalu merah (subspesies dari ayam-salju dedalu), [1] semuanya memiliki bulu musim dingin berwarna putih yang membantunya menyatu dengan latar belakang bersalju. Bahkan bulu terbang mereka berwarna putih, sedangkan bulu-bulu ini berwarna hitam pada hampir semua burung (bahkan burung yang didominasi warna putih, seperti jalak bali ) karena melanin membuat mereka lebih tangguh dan dengan demikian meningkatkan performa terbang. Burung ayam-salju Lagopus rupanya lebih mudah melarikan diri dari pemangsa dengan cara tidak terlihat dibandingkan dengan terbang menjauh.

Ini adalah burung vegetarian yang tangguh, tetapi serangga juga dimakan oleh anak-anaknya yang sedang berkembang. Pada semua spesies kecuali ayam-salju dedalu, ayam-salju betina mengambil semua tanggung jawab untuk bersarang dan merawat anak-anaknya, seperti yang biasa terjadi pada burung buruan .

Jenis[sunting | sunting sumber]

Spesies Lagopus yang masih hidup
Nama umum dan ilmiah Gambar Keterangan Jangkauan dan status
Ayam-salju dedalu
Willow ptarmigan
Musim panas: berwarna coklat marmer dan kemerahan dengan ekor hitam dan bagian bawah putih; musim dingin: sebagian besar subspesies memiliki bulu putih kecuali ekor hitam. 10–20 subspesies. Kisaran sirkumarktik di hutan dan tegalan di Eurasia utara dan Amerika Utara. Status: Spesies berisiko rendah .
Ayam-salju batu
Rock ptarmigan
Musim panas: bagian atas berwarna abu-abu dan coklat; musim dingin: bulu putih. Hampir sama dengan ayam-salju dedalu, cara mudah membedakannya adalah dengan berdasarkan tempat tinggal atau habitatnya,– dataran tinggi dan tanah lebih tandus. 20–30 subspesies. Eurasia Arktik dan subarktik dan Amerika Utara di lereng gunung berbatu dan tundra. Status: Spesies berisiko rendah.
Ayam-salju ekor-putih
White-tailed ptarmigan
Musim panas: coklat keabu-abuan dan berbintik-bintik; musim dingin: bulu putih. Jantan dapat dikenali dari sarang matanya yang berwarna kemerahan. Ayam-salju terkecil. Daerah pegunungan di atas garis hutan di Amerika Utara dari Alaska dan Kanada bagian barat hingga New Mexico. Status: Spesies berisiko rendah.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Willow Ptarmigan Overview, All About Birds, Cornell Lab of Ornithology".