Ayam-ayam tikus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ayam-ayam tikus
Canthidermis maculata

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN190444
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
OrdoTetraodontiformes
FamiliBalistidae
GenusCanthidermis
SpesiesCanthidermis maculata
(Bloch, 1786)
Tata nama
ProtonimBalistes maculatus

Canthidermis maculata, juga dikenal sebagai pogot mutiara atau ayam-ayam tikus, adalah spesies ayam-ayam yang berasal dari lautan tropis dan subtropis di seluruh dunia. Tidak seperti kebanyakan ayam-ayam, mereka kebanyakan bersifat pelagis.

Di Filipina, secara lokal disebut sebagai Tikos dalam bahasa Cebuano dan melimpah di kelompok pulau Visayas dan Mindanao.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Panjang maksimum spesies ini adalah 50 sentimeter (20 in) tetapi biasanya tumbuh hingga 35 sentimeter (14 in) . Orang dewasa dan remaja memiliki warna yang berbeda. [1] [2] Ikan dewasa berwarna biru keabu-abuan, sedangkan ikan remaja berwarna hitam keabu-abuan dengan bintik-bintik putih yang memudar seiring bertambahnya usia. [2] Orang dewasa mungkin terlihat dengan bercak hitam yang muncul di wajah dan sirip dada saat kawin. Tanda-tanda gelap ini juga terdapat pada betina yang melayang di atas sarangnya dan mungkin hilang dalam beberapa detik setelah mereka naik ke kolom air, menjauh dari sarangnya (Clark et al., 2014). Pada ikan ini, sirip punggung dan sirip duburnya melengkung di bagian punggung. Sirip punggung spesies ini memiliki 23 hingga 27 jari. [2] Jari-jari sirip punggung pertama berbentuk duri, sedangkan dua jari pertama lebih mirip duri tajam. Duri kedua yang lebih kecil menopang duri pertama yang lebih panjang sehingga tampak seperti pemicu, yang kemudian diberi nama ikan tersebut (Tupongov, 2015). Sirip duburnya memiliki 20 hingga 27 jari. [2] Ikan dewasa dan remaja juga memiliki bentuk sirip ekor yang berbeda. Sirip ekor remaja memiliki sirip ekor membulat dan sirip dewasa memiliki sirip cekung. [2]

Ekologi[sunting | sunting sumber]

Canthidermis maculata merupakan inang kutu laut (Copepoda: Caligidae) di wilayah Neotropis (Morales-Serna et al., 2016). Selain itu, mereka tercatat sebagai pengunjung tempat pembersihan yang dihuni oleh ikan kupu-kupu berhidung hitam, Johnrandallia nigrirostris, dan ikan hogfish Meksiko, Bodianus diplotaenia, di pulau Malpelo di Pasifik Timur tropis (Quimbayo et al., 2016).

Diet[sunting | sunting sumber]

ayam-ayam tikus menunjukkan plastisitas dalam kebiasaan makannya, karena dianggap sebagai ikan karnivora atau planktivora. Berdasarkan pemeriksaan, mereka mengonsumsi ikan yang lebih kecil, Halobates (sea skater), anggota ordo “Siphonophores,” dan ikan bertulang rawan yang lebih kecil (Senta et al., 1993).

Predasi[sunting | sunting sumber]

Ayam-ayam tikus menjadi mangsa ikan pelagis besar seperti Ikan Layar Indo-Pasifik (Varghese et al., 2013), ikan lumba-lumba (Mahi-mahi) (Oxenford et al., 1999), dan burung laut seperti Streaked Shearwaters yang merupakan ditemukan di Jepang (Matsumoto et al., 2012). Selain itu, telur dalam sarang yang tidak dilindungi oleh induk ikan triggerfish samudera diketahui akan dimangsa oleh ikan oportunistik yang lebih kecil seperti ikan kambing, Parupeneus multifasciatus, checkerboard wrasse, Halichoeres hortulanus, serta triggerfish lainnya seperti ikan garis oranye. triggerfish, Balistapus undulates, dan triggerfish titan, Balistapus viridescens (Clark et al., 2014).

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Canthidermis maculata diketahui berkumpul dalam kelompok besar, ratusan dan terkadang ribuan (Taquet et al., 2007) dan sering dikaitkan dengan rumpon. [2] Agregasi ini mungkin juga mencakup spesies lain seperti ikan bedah unicorn yang ramping, Naso hexacanthus. Ikan triggerfish samudera saat ini diperkirakan bergerak secara berkelompok, bermigrasi bersama dari laut terbuka ke perairan dangkal untuk tujuan bersarang, dan kembali bersama ke laut terbuka setelah sarang selesai. Mereka biasanya tidak agresif, pemalu, dan mudah takut untuk meninggalkan sarangnya ketika dihadapkan dengan ikan yang lebih besar seperti titan triggerfish, dan penyelam. Karena pengamatan penyelam terhadap pola pacaran, kemungkinan besar hanya ikan triggerfish betina yang menunjukkan perilaku menjaga sarang dan meskipun mudah ditakuti oleh ikan yang lebih besar, mereka akan mempertahankan sarangnya dari ikan karnivora yang lebih kecil seperti ikan kambing dan ikan wrasse (Clark dkk., 2014). ).

Berkembang biak dan bersarang[sunting | sunting sumber]

Persarangan Canthidermis maculata kemungkinan besar tidak dipengaruhi oleh siklus bulan dan diperkirakan terjadi sepanjang tahun. Telur disimpan di pasir dan/atau pecahan karang, terkubur dangkal di bawah pasir, dan diangin-anginkan serta dijaga oleh induknya. Seringkali, banyak sarang yang letaknya berdekatan satu sama lain, mendukung gagasan bahwa ayam-ayam ini bersarang sebagai satu kelompok. Tidak jelas seberapa sering betina membuat sarang dalam setahun dan apakah ia kembali ke sarang yang sama atau membangun sarang baru di wilayah habitatnya. Selain itu, sarang telah ditemukan pada kedalaman mulai dari 4 meter hingga lebih dari 45 meter, dengan sarang yang lebih dalam dianggap sebagai strategi pertahanan terhadap ikan pemicu titan (Clark et al., 2014) yang bersarang di kedalaman yang lebih dangkal dan dikenal bersifat teritorial ketika bersarang. (Randall dkk., 1990).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama fishbase
  2. ^ a b c d e f DiscoverLife."Canthidermis maculata (Bloch, 1786)" Retrieved on December 14, 2014