Ayah, Aku seorang Zombie

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Ayah, Aku seorang Zombie
Film poster
Nama lain
SpanyolPapá, Soy una Zombi
Sutradara
  • Ricardo Ramón
  • Joan Espinach
ProduserAlberto Gerrikabeitia
Ditulis olehDaniel Torres
Pemeran
Penata musikManel Gil-Inglada
SinematograferRicardo Ramón
Perusahaan
produksi
  • Abra Producciones
  • Digital Dreams Films
DistributorLionsgate Home Entertainment
(Inggris Raya/Irlandia)
Phase 4 Films
(Amerika Utara)
Tanggal rilis
Durasi80 minutes
NegaraSpain
Bahasa
  • Catalan
  • English
  • Basque
  • Spanish
  • French

Ayah, Aku seorang Zombie (Bahasa Spanyol: Papá, soy una Zombi) adalah sebuah film drama komedi animasi Spanyol tahun 2011 garapan Joan Espinach dan Ricardo Ramón.[1][2] Film ini tayang perdana pada 25 November 2011 di Festival Film Gijón di Spanyol. Aktris Spanyol Paula Ribó menyuarakan karakter utama Dixie dan Kimberly Wharton menyuarakan karakter tersebut dalam adaptasi bahasa Inggrisnya.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Film ini mengikuti Dixie Grim, seorang gadis gothic berusia tiga belas tahun. Ayahnya adalah seorang petugas pemakaman yang baru saja bercerai yang mencoba berhubungan dengan putrinya, tetapi dia tampaknya tidak ingin berurusan dengannya. Dia sangat menyukai Ray, anak laki-laki di sekolah yang sepertinya tidak tahu dia ada. Semua menjadi kacau saat dia menyaksikan sahabatnya tampak menggoda Ray. Patah hati, dia lari dari tempat kejadian. Tak lama kemudian, sebatang pohon tumbang di hutan dan tampaknya membunuhnya.

Dixie terbangun di kuburan dan menemukan bahwa dia telah menjadi zombie. Dia berteman dengan mumi Mesir bernama Isis dan menemukan bahwa dia dapat menggunakan Azoth, jimat ajaib yang kuat. Keduanya penasaran untuk mencoba dan mengendalikan kekuatannya, karena mampu mengembalikan zombie ke saat sebelum kematian mereka, dan memutuskan untuk mencari zombie lain untuk digunakan sebagai subjek uji. Sepanjang jalan mereka bertemu Gonner, seorang bajak laut zombie yang memikat Dixie dan mencuri kalungnya, menghancurkan hatinya dan mengobrak-abrik tubuhnya dalam prosesnya. Dia juga terpisah dari Isis. Tanpa sepengetahuan Dixie dan Isis, Gonner hanya mencuri Azoth untuk melindunginya dari penyihir jahat Nebulosa.

Dixie disatukan kembali oleh zombie ramah, yang dengan enggan membawanya ke Nebulosa. Mencapai penyihir mengharuskan dia pergi melalui funhouse karnaval di mana dia harus menghadapi rasa sakit dan ketakutannya, yang berhasil diatasi Dixie. Dia juga berdamai dengan dan menyelamatkan Gonner setelah mendengarnya mengakui bahwa dia benar-benar mencintainya. Dixie juga memulihkan Azoth dan bersama Gonner. Mereka menemukan Isis bersama Nebulosa, yang mengancam akan menghancurkannya. Dixie berhasil secara tidak sengaja membuka portal yang memungkinkan ketiganya lolos dari cengkeraman Nebulosa. Dixie bangun untuk menemukan dirinya hidup. Dia awalnya percaya bahwa semuanya adalah mimpi, tetapi berpikir sebaliknya setelah mengetahui bahwa Isis dan Gonner benar-benar ada. Isis berhasil hidup dan menikah dengan Raja Tut, sedangkan Gonner melepaskan pembajakan untuk menjadi seorang penyair.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Versi Spanyol[sunting | sunting sumber]

Versi Inggris[sunting | sunting sumber]

Pengakuan[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Majalah Starburst menyoroti film secara keseluruhan, menyatakan bahwa meskipun film tersebut memiliki musik dan sinematografi yang bagus, secara keseluruhan itu "tidak lucu, tidak menakutkan dan setiap adegan aksi set-piece adalah kegagalan yang menyedihkan".[3] Common Sense Media agak lebih positif, memberi peringkat tiga dari lima bintang.[4]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

A sequel entitled Mama, Aku seorang Zombie (Spanyol: Mamá, soy un zombi) which had a later Spanish re-titling to Dixie y la rebelión zombi, was given a theatrical release on 7 November 2014 in Spain. Kim Wharton returned to voice Dixie for its English release.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catálogo BAFICI 2012. Gobierno de la Ciudad de Buenos Aires. 2012. hlm. 129. Diakses tanggal 29 November 2014. 
  2. ^ Milligan, Mercedes. "'Daddy I'm a Zombie' Coming to North America". Animation Magazine. Diakses tanggal 29 November 2014. 
  3. ^ Knott, John (26 October 2012). "DVD Review: Daddy,I'm a Zombie!". Starburst Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 28 November 2014. 
  4. ^ staff (13 May 2014). "review: Daddy, I'm a Zombie". Common Sense Media. Diakses tanggal 28 November 2014. 
  5. ^ staff (10 February 2012). ""Papá soy una zombi" ha obtenido el premio Enfants Terribles". 20 Minutos (dalam bahasa Spanish). Diakses tanggal 29 November 2014. 
  6. ^ Milligan, Mercedes (11 January 2012). "Goya Awards Reveal Feature, Short Noms". Animation Magazine. Diakses tanggal 29 November 2014. 
  7. ^ a b Fernandez, Jordi. "Awards: Daddy, I'm a Zombie". The Loop. Diakses tanggal 29 November 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]