Atmi Kristiadewi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Atmi Kristiadewi merupakan perempuan pekerja seni yang lahir di Denpasar, 24 Juni 1990.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Menempuh pendidikan seni di SMSR (SMKN 1 Sukawati), lulus pada tahun 2008. Kemudian melanjutkan pendidikan ke IKIP PGRI Bali mengambil jurusan Seni Rupa. Lalu melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan di Pasca Sarjana ISI Denpasar dengan mengambil jurusan Penciptaan seni pada tahun 2015.

Atmi terjun ke dunia seni karena terinspirasi anime Jepang dan lalu mengembangkannya sebagai hobi. Pamannya berprofesi sebagai seniman dan banyak menginspirasi Atmi untuk menjadi seniman.

Gaya Lukis[sunting | sunting sumber]

Lukisan Atmi bergaya naif dengan skema warna cerah. Gaya lukis naif ini muncul melalui proses panjang yang tercipta karena usaha-usahanya untuk menempatkan diri di posisi anak-anak dan pengalaman berinteraksi dengan murid-murid yang dia ajar. Kecenderungan naivisme adalah kepolosan, kesederhanaan, tidak peduli dengan komposisi, perspektif, proporsi objek, pewarnaan, and tetek bengek teknik seni rupa yang diajarkan di bangku akademik.[1]

Pameran & Prestasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2011, Atmi menggelar pameran tunggal perdananya di Ten Art Gallery, Sanur dengan tema "Polusi Rasa". Melalui karya seninya, Atmi ingin membagi pengalamannya tentang dunia anak-anak yang berkelindan dengan persoalan lebih luas, seperti kritik lingkungan, teknologi, budaya, sosial dan sebagainya. Secara visual, Atmi memilih naivisme untuk mengekspresikan kegelisahan batinnya.

Pada tahun 2014, karya Atmi berhasil masuk dalam jajaran karya-karya ilustrator cerpen Kompas 2014.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Atmi Kristiadewi | The Beat Bali". The Beat Bali (dalam bahasa Inggris). 2018-05-16. Diakses tanggal 2018-07-07.