Atlas Elektronik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Atlas Elektronik GmbH adalah bisnis elektronik dan sistem kelautan angkatan laut / berbasis di Bremen, Jerman. Hal ini terlibat dalam pengembangan sistem sonar terpadu untuk kapal selam dan torpedo kelas berat.

Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari BAE Systems sampai dengan Desember 2005 ketika dijual ke ThyssenKrupp dan EADS.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Sebelum tahun 2003, Atlas Elektronik merupakan bagian dari STN Atlas Elektronik GmbH, sebuah perusahaan hasil kerjasama antara Rheinmetall dan BAE Systems. Pada tahun 2003, perusahaan ini dipisah. Rheinmetall lalu mengakuisisi bisnis pertahanan darat STN Atlas, dan menamainya Rheinmetall Defence Electronics. Sementara itu, BAE mengakuisisi bisnis perkapalan dan memilih untuk tetap mempertahankan nama Atlas Elektronik.

Penjualan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2005, BAE Systems mengumumkan rencananya untuk menjual Atlas. Penawar utamanya adalah ThyssenKrupp/EADS, Thales Group, dan L-3 Communications. Pada tanggal 30 Desember, penawaran dari ThyssenKrupp/EADS senilai €145 juta, ditetapkan sebagai pemenang, dengan ThyssenKrupp memegang 60% saham di Atlas, dan EADS memegang 40% sisanya.

Referensi[sunting | sunting sumber]