Astronotus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Astronotus
Astronotus ocellatus.jpg
Astronotus ocellatus
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Cichlidae
Genus: Astronotus
Swainson, 1839
Species

Lihat teks.

Astronotus adalah sebuah genus ikan dari familia Cichlidae. Ada dua spesies dalam genus ini, keduanya ditemukan di Amerika Selatan. Mereka adalah omnivora dan memakan ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang.

Salah satu spesies, Astronotus ocellatus, terkenal sebagai ikan hias dan sering dipelihara di aquarium, dan dikenal dengan nama ikan oskar. A. crassipinnis jarang diekspor dan dijual sebagai ikan hias.

Spesies[sunting | sunting sumber]

Dalam daftar Froese dan Pauly (2018) pada awal tahun 1969 pengenalan terhadap spesies Oscar di berbagai negara seperti Polandia, Filipina, Italy, Guam, Jerman, Australia, Brasil, Kanada, Pantai Gading dan Cina. Tahun 1970 Oscar dikirim ke negara Singapura, dalam jumlah besar melalui William Petra asal Indonesia, sebagai masa awal pengenalan Oscar dan terdaftar sebagai tempat yang banyak ditemukan oleh penduduk.

Taksonomi kelompok selama penelitian pada masa silam mungkin menentukan bahwa beberapa oscar yang diperdagangkan di akuarium, serta yang diambil di perairan AS, bukanlah Astronotus Ocellatus, tetapi anggota lain dari genus yang lain dan berbeda. Hal ini juga yang telah dipelajari dalam buku penelitian yang ditulis oleh William Petra dalam ektradisi spesies tersebut untuk pertama kalinya ke negara Indonesia tepatnya di Samarinda, Kalimantan.

Pasalnya, pembiakan buatan telah menghasilkan beberapa varian warna (Axelrod 1993), dan genetik analisis menunjukkan adanya spesies morfologis samar di dalam Astronotus (Colatreli et al. 2012), sehingga catatan untuk terjadinya mutasi pada spesies awal tidaklah lengkap dan akurat sehingga dimasa kini, berberapa peredaran di berbagai daerah mewarisi struktur kekerabatan filial yang tidak lagi murni.