Astro Xiao Tai Yang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Astro XTY
Diluncurkan13 Oktober 2007 (SD)
22 November 2019 (HD)
Ditutup15 Maret 2021 (SD)
31 Maret 2022 (Kristal-Astro)
PemilikAstro Malaysia Holdings
Format gambar576i (SDTV)
1080i (HDTV)
Negara Malaysia
BahasaMandarin
Inggris
Wilayah siarNasional
Kantor pusatBukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia
Saluran seindukAstro AEC
Astro Shuang Xing
Astro Hua Hee Dai
Astro AOD
Astro Quan Jia HD
Situs webwww.xuan.com.my/channels/xty
Ketersediaan
Terestrial
myFreeview167 (HD)
Satelit
Astro304 (HD)
NJOI304 (HD)
304 (SD)
Televisi Internet
Astro GOHanya untuk aplikasi
On DemandHanya untuk perangkat
Astro Xiao Tai Yang
Hanzi tradisional: 小太陽
Makna harfiah: matahari kecil

Astro Xiao Tai Yang (digayakan sebagai astro 小太陽, juga dikenal sebagai Astro XTY) adalah saluran televisi hiburan umum 24 jam di Malaysia yang dimiliki oleh Astro Malaysia Holdings. Astro Xiao Tai Yang merupakan saluran televisi bersifat anak dalam bicara bahasa Mandarin. Astro Xiao Tai Yang akan siaran secara perdana dan resmi tanggal 13 Oktober 2007 setelah sukses jumlah tujuh saluran terbaru ditayangkan dalam Astro. Saluran ini memiliki target anak yang berusia 4-12 tahun dan memiliki program berbagai genre seperti animasi, mata pelajaran, sains, musik dan seni.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kemunculan[sunting | sunting sumber]

Astro Xiao Tai Yang diluncurkan siaran pertama tanggal 13 Oktober 2007 yang berisi acara hiburan berbahasa Mandarin dengan konten penyelenggaraan anak setelah sukses mendapatkan 7 saluran terbaru. Satu-satu program anak berbau pendidikan dan menayangkan seri kartun dan animasi pilihan berasal dari rumah produksi luar negeri (misalnya Republik Rakyat Tiongkok). Selain itu, ditambahkan program grup kelompok penyanyi, bermain dan pendidikan seperti Yoyo TV (sekarang EBC Yoyo) dan Momo Kids Channel. Tidak kalah menarik, Astro Xiao Tai Yang dilihat ringkasan ulang tahun anak setelah program terakhir.

Pada tahun 2013, Astro Xiao Tai Yang memulai program variasi musik dan cerita yaitu Tong Tong's Wonderland yang menampilkan tiga pengisi acara untuk satu syarat kelompok dua wanita dan satu pria apabila banyak sering ditayangkan buat penonton keluarga.

Kemudian pada bulan September 2016, Astro Xiao Tai Yang memulai acara kerajinan tangan pertama di Malaysia dengan berbahasa Mandarin yaitu Jollyfish yang menampilkan oleh Jolly Siewyee sebagai presenter utama di studio setelah kegiatan program memiliki lima orang wanita saat ditayangkan waktu filler ini.

Penyiar berkostum[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2015, Astro Xiao Tai Yang dalam memperingati ulang tahun ke-8 akan meluncur program kartun seri karakter resmi bertemakan dunia sirkus namanya XTY Fun Cirus ditayangkan durasi selama lima menit. Selain itu juga acara pertunjukan musikal terdiri dari lima orang berkostum (berisi empat wanita dan satu pria) dan banyak tarian wanita bertajuk XTY Fun Circus Tour akan dilaporkan menjelang tahun baru Imlek.

Berapa tahun kemudian, karakter XTY Fun Circus kembali pengumuman menggunakan judul The Five Elves: A Magical Journey. Seri animasi dengan tiga dimensi akan ditayangkan oleh Astro Xiao Tai Yang mulai bulan Mei 2018, kemudian diunggah video melalui live streaming YouTube dan tersedia perangkat video-on-demand sampai tahun 2023 kecuali Astro GO. Berikutnya, diadakan acara pertunjukan musikal mulai 8 November 2018 sampai 11 November 2018 dari Balai Sidang, Kuala Lumpur Convention Center. Masing-masing mendapatkan tiket untuk target keluarga selama hari liburan sekolah. Acara kedatangan ini mulai 28 Agustus 2018 dari IPC Shopping Center (kadang-kadang selama Pesta Olahraga Asia 2018 di Jakarta-Palembang). Salah satu peluncuran pertunjukan musikal pertama di Malaysia dengan berbahasa Mandarin ini yang terdiri dari lima orang berisi empat pria dan satu wanita, Jolly Siewyee awalnya disukai karakter badut bertemakan dari bawah laut mengadakan kostum gaun warna putih dan ikat pinggang warna biru muda kemudian sudah jadi pemain dengan kostum karakter QQ pengganti penyiar setelah bergabung program New Tong Tong's Wonderland musim ke-2, Lia Qiang berusaha seorang penyanyi di acara kompetisi ini dan sudah mantan penyiar Melody FM dan menjadi pemain dengan kostum Moshu. Beh Beh merupakan pengisi acara baru di musim ini setelah pengganti oleh Danny Ah Boy selaku pembawa acara pertama di Tong Tong's Wonderland pada tahun 2013 dan kembali tampil sebagai pemain member dari atas panggung.

Perubahan nomor[sunting | sunting sumber]

Awalnya, Astro Xiao Tai Yang masih menggunakan layar 4:3 dan format gambar kualitas SD di nomor 325.

Pada tanggal 22 November 2019, Astro Xiao Tai Yang akan menambahkan siaran server HD di nomor 304 dan bergabung dengan Astro Ceria. Salah satu perubahan konsep ini tapi logonya tidak memakai tanda HD lagi dari sebelah kanan ketika masih mengudara server SD di nomor 325.

Pada tanggal 1 April 2020, Astro Xiao Tai Yang akan mengubah nomor tersebut dijadikan nomor 304 untuk server HD dan 344 untuk server SD. Kemudian tanggal 15 April 2021, siaran server SD di nomor 304 akan terakhir tayang.

Pada tanggal 31 Maret 2022, Astro Xiao Tai Yang di Brunei melalui televisi satelit berbayar Kristal-Astro akan berhenti beroperasi akan beralih ke layanan televisi digital MYTV Broadcasting di Malaysia dan sekitarnya.

Daftar program[sunting | sunting sumber]

Program unggulan (XTY Original)[sunting | sunting sumber]

  • I Wonder Why?
  • Jollyfish (小鱼心房间)
  • Pebbles
  • My Recipe Magic
  • New Tong Tong's Wonderland (新童童欢乐园)
  • Safety Rangers
  • Tong Tong's Wonderland (童童欢乐园)
  • The Mouse Family
  • The Mouse Family 2
  • New Tong Tong's Wonderland (童童欢乐园)
  • XTY Talent Show

Program khusus[sunting | sunting sumber]

[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]