Asosiasi bagi Kemajuan Kecerdasan Buatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Asosiasi bagi Kemajuan
Kecerdasan Buatan
SingkatanAAAI
Tanggal pembentukan1979; 40 tahun lalu (1979)
JenisOrganisasi nirlaba
Masyarakat terpelajar
Kantor pusatPalo Alto, California, Amerika Serikat.
BidangKecerdasan buatan
Bahasa resmi
Inggris
Situs webwww.aaai.org

Asosiasi bagi Kemajuan Kecerdasan Buatan (bahasa Inggris: Association for the Advancement of Artificial Intelligence) (AAAI) ialah komunitas ilmiah internasional nirlaba yang mengabdi dengan memperkenalkan penelitian dan tanggung jawab penggunaan akan kecerdasan buatan. AAAI bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat akan kecerdasan buatan (AI), memajukan pengajaran dan pelatihan dari praktisi AI dan menyediakan bimbingan bagi perencana penyelidikan dan penyandang dana mengenai kepentingan dan potensi perkembangan AI saat ini ke arah masa depan.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Organisasi ini didirikan pada tahun 1979 dengan nama "Asosiasi Amerika bagi Kecerdasan Buatan" lalu berganti nama pada tahun 2007 menjadi "Asosiasi bagi Kemajuan Kecerdasan Buatan". Telah memiliki lebih dari 4.000 anggota di seluruh dunia.

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

AAAI menyediakan banyak layanan kepada komunitas kecerdasan buatan. AAAI menyokong banyak konferensi dan simposium setiap tahun, pula memberikan dukungan kepada 14 jurnal dalam bidang kecerdasan buatan. AAAI menghasilkan publikasi, Majalah AI, yang berusaha menerbitkan penelitian dan literatur baru secara signifikan pada seluruh bidang kecerdasan buatan dan membantu anggota untuk tetap mengikuti perkembangan penelitian di luar keahlian khusus mereka sekarang. Majalah ini telah diterbitkan secara berkelanjutan sejak tahun 1980.

AAAI menyelenggarakan "Konferensi AAAI tentang Kecerdasan Buatan",[2] dianggap sebagai salah satu konferensi tertinggi pada bidang kecerdasan buatan.[3]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "AAAI Corporate Bylaws". 
  2. ^ "AAAI Conference on Artificial Intelligence". Diarsipkan dari versi asli tanggal 30 Oktober 2009. Diakses tanggal 2009-10-16. 
  3. ^ "2007 Australian Ranking of ICT Conferences". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 Oktober 2009. Diakses tanggal 2009-10-16.