Asosiasi Ekonomi Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

European Economic Association (EEA) (Bahasa Indonesia: Asosiasi Ekonomi Eropa) adalah sebuah badan akademik profesional yang menghubungkan pakar ekonomi Eropa. Asosiasi ini didirikan pada pertengahan 1980-an. Kongres tahunan pertama dilaksanakan pada tahun 1986 di Wina dan presiden pertama adalah Jacques Drèze.[1] Presiden saat ini adalah Eliana La Ferrara.[2][3] Saat ini asosiasi ini memiliki sekitar 3.000 anggota. Tujuannya adalah:

". . . untuk memberikan kontribusi terhadap pengembangan dan penerapan ilmu ekonomi sebagai ilmu pengetahuan di Eropa; untuk meningkatkan komunikasi dan pertukaran antara guru, peneliti dan mahasiswa di bidang ekonomi di negara Eropa yang berbeda; dan untuk mengembangkan dan mendukung kerjasama antara pengajaran lembaga tingkat universitas dan lembaga penelitian di Eropa "[4]

Asosiasi ini menerbitkan Jurnal Asosiasi Ekonomi Eropa.[5][6] Setiap tahun pada bulan Agustus, asosiasi ini bekerjasama dengan Masyarakat Ekonometrik untuk menyelenggarakan kongres di sebuah kota di Eropa.[7][8] Kongres ini mendatangkan sekitar 1500 peserta.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sejarah EEA.
  2. ^ Halaman Web pribadi dari Eliana La Ferrara di Bocconi University.
  3. ^ Orang-orang di EEA.
  4. ^ Bertujuan EEA.
  5. ^ Wiley Online Library.
  6. ^ Informasi jurnal di EEA halaman web.
  7. ^ "CESifo Berita". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-10-16. Diakses tanggal 2018-12-01. 
  8. ^ Halaman web dari ke-33 Kongres Tahunan European Economic Association.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]