Lompat ke isi

Asep Rochman Dimyati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Asep Rochman Dimyati
Pengacara/Politisi
Informasi pribadi
Lahir27 Agustus 1975 (umur 48)
Subang, Jawa Barat, Indonesia
KebangsaanIndonesia
HubunganMenikah
Anak5 (2 anak laki-laki, 3 anak perempuan)
Pekerjaan
Situs webhttps://ardcenter.id/
JulukanKang ARD
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Asep Rochman Dimyati, SH., MH (lahir 27 Agustus 1975), dikenal dengan sapaan Kang ARD adalah seorang Pengusaha, Pengacara dan Politisi Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Ketua salah satu partai tingkat daerah di Kabupaten Subang Selama 10 Tahun. Saat ini ARD menjabat sebagi ketua KONI Kabupaten Subang[1] dan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia(APINDO) Kabupaten Subang[2] Asep Rochman Dimyati, masuk kedunia politik sejak tahun 2010, tahun 2013 sempat menjadi salahsatu calon wakil bupati Kabupaten Subang

Saat ini, ARD disebut-sebut sebagai Calon Unggulan pada Pemilihan Bupati Kabupaten Subang untuk Periode 2024-2029[3]

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Lahir di Subang, ARD adalah anak pertama dari dua bersaudara. Berdasarkan silsilah keluarganya, ARD disebut sebagai salah satu keturunan para pendiri Subang. Memiliki Nasab dari Raden Rangga Martayudha yang hidup di tahun 1800san saat Hoffland menguasai perkbenunan Subang, yang memiki keturunan Raden Adisaputra yang salah satu putrinya bernama Raden Tini Kartini (nenek ARD). Kakek ARD sendiri pernah menjadi Wedana Pamanukan sekaligus Camat Binong, dan menjadi Wedana Subang hingga Pensiun di Tahuin 1979. [4]

Ia menjalani sekolah di SD Nergeri Panglejer Subang. SMP Pasundan Subang lulus di tahun 1991 SMA Taman Siswa Bandung lulus di tahun1994 . Asep Rochman Dimyati kemudian melanjutkan Diploma 3 di Lembaga Pendidikan Komputer Indoesia Jepang (LPKID) lulus di tahun 1997. Sarjana Ilmu Hukum diraih di Universitas Islam Nasional tahun 2018, Magister di Bidang Imu Hukum di kampus yang sama selesai di tahun 2020. Saat ini ARD sedang melanjutkan studi Doktoral di Bidang Ilmu Administrasi Publik di Universitas Pasundan, dan bidang Ilmu Hukum di Universitas Lalangbuana Bandung.

Kang ARD dikarunia 2 Putra dan 3 Putri, hasil pernikahannya bersama Teh Wenny Inggriany. 2 dari 3 Putri kang ARD telah lulus sebagai Sarjana Hukum, mengikuti jejak ayahnya.

Karier[sunting | sunting sumber]

Asep Rocman Dimyati, memulai membangun perusahaan pertamanya di tahun 2007, Sampai saat ini ARD memilik saham mayoritas pada 5 perusahaan yang bergerak di berbagai bidang.

Pengacara[sunting | sunting sumber]

Sebagai Direktur Republic Law firm, ARD banyak menangani kasus yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat umum, tidak jarang ARD menjadi penasehat hukum atau pembela pihak-pihak yang dianggap dirugikan oleh pemerintah atau pengusaha, namun mereka tidak memiliki pengetahuan atau uang untuk membayar pengacara, dan ARD baik secara langsung atau melalui lawfirmnya hadir untuk membantu masyarakat subang.

Sedangkan secara profesional ARD tercata sebagai Legal Officer di beberapa perusahaan multinasional seperti PT. Daenong Global, PT. Sangwon Indonesia, PT. Sayong Korea, PT. Hansome Korea, PT Pesat Global Indonesia, PT Jun You, PT Agrawisesa, dan beberapa perusahaan multinasional lainnya, baik di daerah subang atau diluar Subang.

Kiprah Organisasi[sunting | sunting sumber]

Sejak tahun 2004, ARD sudah berkiprah di dunia Organiosasi sebagai ketua di salahsatu Organisasi Masyarakat, menjadi penasehat di Serikat Pekerja Kabupaten Subang dan Ikatan Pancak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Subang.

Ketua KONI Subang[sunting | sunting sumber]

ARD Sukses Pimpin KONI Subang di PORPROV Jabar

Selama masa jabatannya sebagai ketua KONI Kabupaten Subang, ARD banyak memberikan perubahan di tubuh KONI secara signifikan, selain sistem Administrasi yang diperbaiki, fasilitias KONI dan Kesejahteraan Atlet menigkat sejak ia menjabat sebagai Ketua KONI.

Salah satu yang monumental, adalah kesuksesan Kabupaten Subang menjadi tuan rumah Porprov XIV Jawa Barat Tahun 2022.[5][6] termasuk Kabupaten Subang mencetak sejarah dengan mengoleksi 171 Medali.Total dari 58 Emas,42 Perak, dan 71 Perunggu.[7]

Ketua APINDO DPK Subang[sunting | sunting sumber]

ARD menjadi Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (DPK APINDO) Kabupaten Subang sejak september tahun 2020, beberapa kegiatan yang mendukung kesiapan tenaga kerja, kewirausahaan dan menjadi mediasi antara para pengusaha dengan pihak pemerintah dalam hal kebijakan-kebijakan yang dapat meningkatkan iklim investasi dan pembangunan sektor bisnis di Kabupaten Subang,

Hal yang menarik pada tahun 2023, ARD sebagai ketua APINDO meyetujui bahkan ikut mendukung tuntutan buruh terkait dukungngan kenaikan UMK kab Subang Tahun 2024 dengan buruh yang saat ini menuntut kenaikan upah 15 % – 20 %,[8]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Akademik[sunting | sunting sumber]

  • Sarjana Ilmu Hukum oleh Universitas Islam Nusantara (2018)
  • Magister Ilmu Hukum oleh Universitas Islam Nusantara (2020)
  • Magister (Ongoing) Bidang Administrasi Publik di Universitas Pasundan, Bandung
  • Doktoral (Ongoing) Bidang Administrasi Publik di Universitas Pasundan, Bandung
  • Doktoral (Ongoing) Bidang Ilmu Hukum di Universtas Langlangbuana, Bandung

Tanda Kehormatan[sunting | sunting sumber]

  • Mitra Pengususaha Terbaik Jawa Barat - dari PT Pos Indonesia tahun 2016
  • Pengusaha Muda Mitra Usaha Investor Korea Selatan - Kedutaan Besar Korea Selatan tahun 2017

Tulisan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus KONI Subang". subang.go.id. 2020-03-03. Diakses tanggal 2024-06-28. 
  2. ^ budhi, budhi. "ARD Ketua Apindo Subang, Investasi Daerah Bakal Meningkat". poskota.co. Diakses tanggal 2024-28-06. 
  3. ^ iw (2024-05-09). "Kang Asep, Calon Unggulan Bupati Subang 2024". jakartasatu. Diakses tanggal 2024-06-28. 
  4. ^ Redaktur (2022-03-10). "ARD Ternyata Keturunan Raden Rangga Martayudha, Simpan Goong Warisan Berusia Dua Abad". pasundan.jabarekspres. Diakses tanggal 2024-06-28. 
  5. ^ Alam, M Purnama. "Kabupaten Subang Jadi Salah Satu Tuan Rumah Porprov Jabar, Reynaldi : Ini Menjadi Sejarah". visi.news. Diakses tanggal 2024-06-28. 
  6. ^ Khumaini, M.Ali (2022-11-19). "KONI Subang klaim daerahnya sukses jadi tuan rumah 19 cabang olahraga Porprov Jabar". megapolitan.antaranews. Diakses tanggal 2024-06-26. 
  7. ^ redaksi, redaksi (2022-12-30). "KALEIDOSKOP 2022: KONI Kabupaten Subang Cetak Sejarah di Porprov Jabar 2022". mediajabar. Diakses tanggal 2024-06-28. 
  8. ^ AapKasep, AapKasep (2023-11-16). "Buruh Unjuk Rasa Kenaikan UMK Subang 2024, APINDO Setuju dengan Tuntutan Buruh". koranperdjoeangan. Diakses tanggal 2024-11-16. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]