Arthur C. Parker

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Arthur Caswell Parker (5 April 1881-1 Januari 1955) adalah seorang, antropolog dan sejarawan yang berasal dari Amerika. Semasa hidupnya, Parker berdedikasi dalam melestarikan budaya Amerika Asli. Parker memiliki garis keturunan Seneca dari ayahnya yaitu Frederick Ely Parker, sementara itu ibunya Geneva Parker adalah seorang misionaris dan pengajar di sekolah reservasi. Geneva Parker sendiri adalah seorang keturunan Skotlandia-Inggris-Amerika. Saat muda Parker tidak dianggap sebagai keturunan Seneca karena suku ini bersifat matrilineal. [1] Parker kecil lahir di Reservasi Cattaraugus Seneca. Pada mulanya ia bekerja sebagai etnolog pada tahun 1904 di Perpustakaan Negara Bagian New York. Pada saat itu, ia ditugaskan untuk mengumpulkan serta mendokumentasikan tradisi Iroquois. Tidak lama dari situ ia melanjutkan pekerjaannya dengan bergabung dengan Museum Negara Bagian New York.[1]

Riwayat hidup[sunting | sunting sumber]

Sebagai anak laki-laki pada umunya, Parker kecil menghabiskan waktu dengan bermain dan belajar. Ia tinggal di sebuah pedesaan dan sering menjelajah di hutan dan ladang di Erie County. Parker kecil biasa bermain bersama anak-anak dari suku Indian dan dari situlah ia kerap kali mendengarkan sejarah, legenda dan cerita rakyat.[2]

Ayah Parker bekerja di New York Central Railroad, keluarganya tinggal di sebuah peternakan keluarga di tanah Seneca. Parker sendiri tumbuh dan dibesarkan sebagai seorang Kristen, namun keluarganya sangat kental dengan agama tradisional Seneca. Dan dari sinilah Parker banyak belajar mengenai nabi Handsome Lake yang mempertahankan agama Seneca. Selanjutnya, pada 1892 keluarga Parker pindah ke White Plains, New York yang terletak di utara Kota New York. Di kota tersebut Parker kemudian menempuh sekolah menengah yang ia selesaikan pada tahun 1897.

Karir[sunting | sunting sumber]

Parker memulai karirnya dalam bidang antropologi sejak ia diangkat menjadi anggota kehormatan suku Seneca dengan nama Seneca Gawaso Wanneh yang berarti "ular salju besar". Adanya pengaruh besar dari kakeknya Nicholson Henry Parker yang merupakan pemimpin Seneca pada saat itu, membuat Parker mendapat pengaruh besar hingga ia mendalami suku tersebut dan menjadi seorang arkeolog.[3]

Parker pernah menghabiskan banyak waktu setelah ia lulus dari sekolah menengah dengan menjadi asisten khusus arkeolog di American Museum of Natural History (AMNH) pada tahun 1901-1902. Di samping itu, Parker juga belajar pelayanan dengan menghadiri Williamsport Dickinson Seminary, Pennsylvania dari tahun 1900 hingga 1903. Parker pernah pula menjadi reporter di New York Sun selama beberapa bulan. Parker merupakan pribadi yang giat, ia menjalani praktek kerja di bawah bimbingan arkeolog Mark Harrington (1882-1971) sekaligus menjadi sukarelawan di American Museum of Natural History (AMNH).

Parker pernah menjadi direktur di Rochester Museum of Arts and Sciences pada tahun 1925. Ia mengembangkan ilmu antropologi, sejarah alam, geologi, biologi, sejarah dan industri di wilayah Genesee.

Parker pernah menjabat sebagai presiden pertama Society for American Archaeology pada tahun 1935. Parker menjadi ketua lembaga Indian Arts and Craft Boards, disini ia mendedikasikan waktunya untuk melestarikan dan mempromosikan kebudayaan asli Amerika.

Karya-karya[sunting | sunting sumber]

Parker selama hidupnya menghasilkan banyak karya yang menjadi sumbangsih ilmu dalam bidang antropologi, arkeologi dan penulisan tentang kebudayaan Amerika asli. Berikut merupakan beberapa karyanya:

  1. The Code of Handsome Lake, the Seneca Prophet (1913)
  2. Seneca Myths and Folk Tales (1923)
  3. Iroquois Uses of Maize and Other Food Plantas (1910)
  4. The Constitution of the Five Nations (1916)
  5. Parker on the Iroquois (1968)
  6. American Indian Freemasonry (1919)
  7. The life of General Ely S. Parker
  8. Skunny Wundy (1926)
  9. The Archeological History of New York (1920)
  10. The Indian How Book (1927)
  11. Red Jacket, Seneca Thief
  12. The Mining and Quarry Industry of New York State: Report of Operations and Production During 1911
  13. A Manual for History Museums (1935)
  14. A Contact Period Seneca Site Situated at Factory Hollow (1919)
  15. History of The Genesee
  16. Stone Ornaments Used by Indians in the United States and Canada: Being a Description of Certain Charm Stones, Gorgets, Tubes, Bird Stones and Problematical Forms (1917)
  17. A Prehistoric Iroquoian Site on the Reed Farm, Richmond Mills, Ontario Country, N.Y. (1918)
  18. Fiabe e Leggende dei Pellerossa
  19. The Influence of the Iroquois: On the History and Archaeology of Wyoming Valley, Pennsylvania, and the Adjacent Region (1911)
  20. Excavation in an Erie Indian Village and Burial Site at Ripley, Chautauqua Co., N.Y.: Being the Record of the State Museum Archeological Expedition of 1906 (1907)
  21. The Great Algonkin Flint Mines at Coxsackie (1925)
  22. Notes on the Ancestry of Cornplanter (1927)
  23. An Analytical History of The Seneca Indians (1926)

Karya-karya Parker tersebut memberikan banyak sekali wawasan tentang kehidupan, kepercayaan dan tradisi orang-orang Amerika asli.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Research and Collections of Arthur C. Parker | The New York State Museum". www.nysm.nysed.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-02-20. 
  2. ^ Thomas, W. Stephen (July 1995). "Arthur Caswell Parker: 1881-1955 Anthropologist, Historian and Museum Pioneer" (PDF). ROCHESTER HISTORY. XVII (3). 
  3. ^ Porter, Joy (2001). To Be Indian: The Life of Seneca-Iroquois Arthur Caswell Parker, 1881-1955. Norman, Oklahoma: Oklahoma University Press. ISBN 0-8061-3317-1.