Art Museum by the Zoo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Art Museum by the Zoo
Art Museum by the Zoo film poster.jpg
Theatrical poster
Sutradara Lee Jeong-hyang
Produser Lee Choon-yeon
Penulis Lee Jeong-hyang
Pemeran Shim Eun-ha
Lee Sung-jae
Musik Kim Yang-hui
Sinematografi Jo Yong-gyu
Penyunting Kim Sang-bum
Distributor Cinema Service
Tanggal rilis
  • 19 Desember 1998 (1998-12-19)
Durasi
108 minutes
Negara South Korea
Bahasa Korean

Art Museum by the Zoo (Hangul미술관 옆 동물원; RRMisulgwan yup dongmulwon) adalah film Korea Selatan produksi tahun 1998]] bergenre drama romantik yang ditulis dan disutradarai oleh Lee Jeong-hyang. Film ini dibintangi oleh Shim Eun-ha dan Lee Sung-jae sebagai pemeran utama. Cinema Service merilis film dengan durasi 108, ini pada tanggal 19 Desember 1998.

Plot[sunting | sunting sumber]

Cuti dari militer, Cheol-soo tiba di apartemen pacarnya tapi hanya menemukan tempat itu dihuni oleh wanita lain, Choon-hee. Setelah beberapa hari, ia mengetahui bahwa pacarnya sudah bertunangan dengan orang lain. Diasudah tidak memiliki tempat lain untuk singgah, sehingga akhirnya dia tinggal dengan Choon-hee. Pada awalnya keduanya berusaha untuk menjalin persahabatan, tapi tak lama kemudian Chul-soo menemukan bahwa Cheol-soo sedang menulis skenario yang akan diikutkan dalam sebuah. Akhirnya mereka bekerja sama menyelesaikan sebuah cerita yang diangkat dari pengalaman asmara mereka masing-masing, berjudul "Art Museum oleh Zoo".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sambutan[sunting | sunting sumber]

Art Museum by the Zoo dirilis secara serentak di Korea Selatan pada tanggal 19 Desember 1998, dan berhasil mendatangkan penonton sebanyak 412,472 orang, menduduki peringkat ke-lima, film dengan penjualan terbesar di Kora Selatan sepanjang tahun 1998.[1][2] Pada tahun 1999, Shim Eun-ha memenangi penghargaan melalui kategori Aktris Terbaik dalam kompetisi Grand Bell Awards, dan Lee Sung-jae melalui kategori Aktor Pendatang Baru Terbaik dalam perhelatan Baeksang Arts Awards, Chunsa Film Art Awards, Grand Bell Awards dan Blue Dragon Film Awards.

Sutradara Lee Jeong-hyang menuai banyak pujian atas kecermatannya dalam penyutradaraan, dan film ini dianggap sebagai film klasik Korea Selatan pada dasawarsa 1990-an.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Best Selling Films of 1998". Koreanfilm.org. Retrieved 11 December 2008.
  2. ^ Russell, Mark (6 January 2002). "Zoo a screenplay within a screenplay". Korea JoongAng Daily. Diakses tanggal 9 July 2013. 
  3. ^ Sung, So-young (7 October 2011). "In new film, director puts spotlight back on women". Korea JoongAng Daily. Diakses tanggal 9 July 2013. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]