Arso Sastroatmodjo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arso Sastroatmodjo

Arso Sastroatmodjo adalah seorang politikus Indonesia yang lahir di Kotakulon, Bondowoso pada tanggal 1 Mei 1914. Ia adalah anggota partai Majelis Syuro Muslimin Indonesia (MASYUMI)

Dari 1913 sampai 1947, ia menjadi Guru H.I.S. dan kemudian kepala sekolah tersebut di Bondowoso. Ia pindah ke Jember dan menjadi Guru pada Sekolah Menengah dan Guru Sekolah Menengah Pertanian di Bondowoso. Di tengah-tengah kancah perjuangan Kemerdekaan Indonesia, ia menjadi tenaga penyusun pemerintah sipil Kabupaten Bondowoso yang selanjutnya selama dua bulan ditawan oleh tentara Belanda. Pada bulan Januari 1949 hingga Mei 1950, ia menjabat sebagai Wakil Kepala Jawatan Penerangan Keresidenan Besuki. Pada 1 Mei, ia meletakkan jabatannya atas permintaan sendiri.

Setelah penyerahan kedaulatan ia duduk sebagai anggota DPR RIS mewakili Jawa Timur. Setelah Negara Kesatuan Republik Indonesia diproklamirkan kembali, ia tetap duduk sebagai anggota DPR RI. Dari 1946 sampai 1949, ia duduk sebagai anggota Dewan Kabupaten dan B.E. Kabupaten Bondowoso kemudian sebagai anggota Parlemen Negara Jawa Timur.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]