Arsitektur Ukraina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gerbang Emas di Kyiv, sebagian besar telah direkonstruksi, sekitar tahun 1100
Berbagai struktur Kyiv Pechersk Lavra berasal dari periode waktu yang berbeda, dan melalui gayanya, memberikan wawasan tentang Sejarah Ukraina dan keahlian yang kaya yang dikembangkan dalam periode yang panjang.

Arsitektur Ukraina berakar dari negara bagian Slavia Timur, Kievan Rus'. Setelah invasi Mongol ke Rus Kiev, sejarah arsitektur yang berbeda berlanjut di kerajaan Galisia-Volhynia dan kemudian di Keharyapatihan Agung Lituania. Selama era Kazaki Zaporizhia, sebuah gaya yang unik di Ukraina berkembang di bawah pengaruh Persemakmuran Polandia-Lituania.

Setelah penyatuan dengan Ketsaran Rusia, arsitektur di Ukraina mulai berkembang ke arah yang berbeda, dengan banyak bangunan di wilayah timur yang lebih besar, yang dikuasai Rusia, dibangun dengan gaya arsitektur Rusia pada masa itu, sementara wilayah barat Galisia berkembang di bawah pengaruh arsitektur Austro-Hongaria. Motif nasional Ukraina pada akhirnya digunakan selama periode Uni Soviet dan di Ukraina modern yang merdeka.

Rus Abad Pertengahan (988-1230)[sunting | sunting sumber]

Katedral Transfigurasi di Chernihiv dibangun pada tahun 1030 (kiri), sementara Katedral Boris dan Gleb di dekatnya dibangun pada tahun 1123 (kanan).
Gereja Santo Pantaleon (Panteleimon) di Shevchenkove, 1194.

Negara abad pertengahan Rus Kiev merupakan pendahulu negara modern Ukraina, Rusia, dan Belarus beserta budayanya masing-masing, termasuk arsitekturnya.

Arsitektur gereja yang megah, yang dibangun setelah penyebaran agama Kristen pada tahun 988, merupakan contoh pertama arsitektur monumental di tanah Slavia Timur. Gaya arsitektur negara Kievan, yang dengan cepat memantapkan dirinya, sangat dipengaruhi oleh Romawi Timur. Gereja-gereja Ortodoks Timur awal sebagian besar terbuat dari kayu, dengan bentuk gereja yang paling sederhana dikenal sebagai gereja sel. Katedral-katedral besar sering kali memiliki sejumlah kubah kecil, yang membuat beberapa sejarawan seni menganggap hal ini sebagai indikasi kemunculan kuil-kuil Slavia pagan pra-Kristen.

Beberapa contoh gereja-gereja ini masih bertahan hingga hari ini. Namun, selama abad ke-16 hingga 18, banyak gereja yang dibangun kembali dengan gaya Barok Ukraina. Contohnya termasuk Katedral Santa Sofia (tahun 1017 adalah catatan paling awal dari peletakan batu pertama gereja ini), Gereja Juruselamat di Berestove (dibangun dari tahun 1113 hingga 1125), dan Gereja St Cyril, sekitar abad ke-12. Semuanya masih dapat ditemukan di ibu kota Ukraina.

Beberapa bangunan direkonstruksi pada akhir abad ke-19, termasuk Katedral Assumption di Volodymyr, yang dibangun pada 1160 dan direkonstruksi pada 1896-1900, Gereja Piatnytska di Chernihiv, yang dibangun pada 1201 dengan rekonstruksi yang dilakukan pada akhir 1940-an, dan Gerbang Emas di Kiev, yang dibangun pada 1037 dan direkonstruksi pada 1982. Rekonstruksi yang terakhir dianggap oleh beberapa sejarawan seni dan arsitektur sebagai fantasi revivalis.

Hanya sedikit arsitektur vernakular Rus Kiev yang masih bertahan.

Zaman Kazaki[sunting | sunting sumber]

Katedral Santo George di Biara Vydubychi, Kyiv (1696).
Sebuah gereja di Subotiv, tempat kelahiran Hetman Bohdan Khmelnytsky dari Ukraina
Istana Bakhchysarai

Barok Ukraina awal[sunting | sunting sumber]

Barok Ukraina muncul pada era Hetmanat pada abad ke-17 dan ke-18. Arsitektur Barok Ukraina, yang mewakili aristokrasi Kazaki,[1] berbeda dengan Barok Eropa Barat karena desainnya lebih konstruktivis, memiliki ornamen yang lebih moderat, dan bentuknya lebih sederhana.[2]

Selama abad ke-17 hingga ke-18, sebagian besar gereja-gereja di Rusia pada abad pertengahan didesain ulang dan diperluas secara signifikan. Kubah gereja tambahan dan ornamen eksterior dan interior yang rumit ditambahkan.

Contoh-contoh terkenal dari arsitektur Barok Ukraina termasuk kompleks Kyiv Pechersk Lavra, Biara Vydubychi, dan Pochaiv Lavra.

Arsitektur Tatar Krimea[sunting | sunting sumber]

Ketika Krimea diperintah oleh Kekhanan Krimea, periode ini meninggalkan beberapa konstruksi yang terinspirasi oleh motif Islam. Yang paling terkenal adalah Istana Bakhchisaray, yang dirancang oleh gabungan arsitek Persia, Turki, dan Italia.

Barok Ukraina Akhir[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]