Ars Poetica (Horace)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Ars Poetica (Seni Puisi) adalah salah satu karya Quintus Horatius Flaccus atau sering disebut Horace yang ditulis pada waktu 19 SM[1] dalam bentuk sebuah buku puisi satir. Selain dikenal dengan sebutan Ars Poetica, karya ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Epistle to the Pisos (Surat Untuk Pisos). Puisi ini ditulis dengan bahasa Latin oleh Horance yang berisi tentang hubungan sebuah estetika yang dihargai dan manusia. Muncul anggapan bahwa karya ini diperuntukkan sebagai nasihat para penyair lain tentang teori berbagai masalah seni mengenai penerjamahan, pengaruh emosional, dan bahaya dalam menulis sebuah puisi (juga drama)[2]. Ars Poetica dianggap sebagai salah satu karya paling awal dalam genre kritik sastra.

Karya[sunting | sunting sumber]

Menurut Horace, karya ini merupakan sebuah puncak tertinggi dalam masa berkariernya di bidang sastra dan musik. Tercatat bahwa Ars Poetica merupakan sebuah karya puisi terpanjang milik Horace selama dia berkarier sebagai seniman[3]. Pada puisi ini, Horace berhasil menulis sebanyak 476 baris bait, yang kemudian dibagi menjadi 14 bagian. Beberapa tema yang dapat ditemukan di dalam puisi meliputi kesatuan dan harmoni, tujuan pengarang, kepatuhan terhadap tradisi, konsistensi, penokohan, gaya dan meteran, serta kejeniusan. Umumnya, karya semacam ini akan ditampilkan dalam bentuk prosa[4].

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Ars Poetica pada dasarnya dibuat untuk dikirimkan pada Lucius Calpurnius Piso dan dua anaknya, yang memiliki keinginan menjadi seorang penyair. Puisi yang dibagi menjadi beberapa bagian bagian tersebut, masing-masing berisi nasehat dan ilustrasi mengenai tradisi klasik sastra kuno. Berbeda dengan para pendahulunya seperti Plato dan Arstoteles, ilmu yang dibagikan berdasarkan hasil praktik. Dia mencoba membagikan sudut pandangnya yang tinggi sebagai seorang penyair terhadap puisi[5].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Horace's Ars Poetica summary". Thinking Literature (dalam bahasa Inggris). 2023-05-12. Diakses tanggal 2023-11-24. 
  2. ^ "Ars poetica | Roman Poetry, Odes, Satires | Britannica". www.britannica.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-24. 
  3. ^ Horace (2014). Satire ; Epistles ; the art of poetry. English: Harvard University Press. 
  4. ^ Foundation, Poetry (2023-11-24). "Ars Poetica by Horace". Poetry Foundation (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-24. 
  5. ^ "Ars Poetica Summary and Study Guide". SuperSummary (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-11-24.