Armengaud Blaise

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Armengaud Blaise
Lahir1264
Montpellier
Meninggal1312
Dikenal atasTabib, Penerjemah
Anak2 putra

Armengaud Blaise atau Armengaud de Blaise (dalam bahasa Latin: Armengaudus atau Armengaldus Blasii Monspeliensis), lahir di Montpellier, Prancis sekitar 1264, meninggal pada 1312, adalah seorang tabib dan penerjemah teks-teks dari bahasa Arab dan bahasa Ibrani ke bahasa Latin.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Dia adalah keponakan dari Arnaud de Villeneuve, serta menghabiskan empat puluh tahun pertama hidupnya di kota kelahirannya, tempat dia menikah sekitar tahun 1290, dan setidaknya memiliki dua putra. Dari tahun 1304 hingga 1308, ia berada di Barcelona sebagai tabib Raja James II. Sehubungan dengan Paus Klemens V dari 1307, ia mungkin pergi ke Avignon pada tahun 1309. Paus memberikan jabatan eklesiastikal kepada putra-putranya.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Ernest Renan, article « Armengaud, fils de Blaise, médecin », Histoire littéraire de la France, t. XXVIII, Paris, 1881.
  • Michael McVaugh et Lola Ferre, The Tabula Antidotarii of Armengaud Blaise and Its Hebrew Translation, Transactions of the American Philosophical Society, Philadelphie, 2000.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ L'antidotaire d'Armengaud fut traduit en hébreu par Ishtori haFarhi vers 1306.