Aredius

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Aredius
Abbas
Lahirskt. 510
Limoges, Prancis
Wafat591
Dihormati diGereja Katolik Roma, Gereja Ortodoks
Pesta25 Agustus

Santo Aredius (skt. 510–591), juga dikenal sebagai Yrieix, merupakan seorang Abbas di Limoges dan kanselir Theudebert II, Raja Austrasia pada abad ke-6. Ia mendirikan biara Attanum dan berbagai komune Prancis, Saint-Yrieix.

Legenda[sunting | sunting sumber]

Ia adalah putra Jocundus, seorang Romawi yang kaya raya. Ketika ia masih kecil ia dikirim ke biara Vigeois untuk belajar. Pada usia 14 ia dikirim ke Metz dibawah Theudebert. Ia menjadi seorang kanselir. Aredius meninggalkan istana untuk bergabung dengan Nizier, uskup Trier. Ia menjadi penganut agama Kristen; ketika ia membaca Kitab Mazmur, seekor burung merpati turun dari langit dan terbang disekelilingnya. Aredius mencoba untuk mengusirnya pergi namun burung itu hinggap diatas kepalanya. Burung merpati itu tinggal bersamanya selama 30 hari. Ketika ayahandanya meninggal, ia tinggal dengan ibundanya di dalam sebuah vila di Attanum (Attane).

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • "Reliquary bust of Saint Yrieix [French] (17.190.352a,b)", Heilbrunn Timeline of Art History, New York: The Metropolitan Museum of Art, October 2006, diakses tanggal July 2013