Area run-off

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Area run-off (secara harfiah berarti area pelarian) adalah area di lintasan balap olahraga bermotor yang digunakan untuk keselamatan pembalap. Area run-off biasanya terletak di sepanjang lintasan balap jalan di mana pembalap paling mungkin keluar dari lintasan yang ditentukan tanpa disengaja. Ada berbagai jenis area run-off, seperti perangkap kerikil, AstroTurf, dan aspal. Area run-off merupakan alternatif untuk pagar penangkap.

Definisi[sunting | sunting sumber]

Dalam olahraga balap khususnya olahraga bermotor, terdapat konsep yang disebut jalur balapan. Secara sederhana, ini dapat diartikan sebagai lintasan optimal di sekitar sirkuit balap yang memungkinkan pembalap menyelesaikan satu putaran dalam waktu yang paling singkat dengan kecepatan rata-rata tertinggi. Jalur balapan merupakan hasil dari tata letak lintasan dan kombinasi dari kemampuan jenis kendaraan balap tertentu (seperti mobil dibandingkan dengan sepeda motor), serta fisika dalam balap motor.

Karena fisika yang terlibat dalam acara balap motor pada umumnya mendorong kendaraan balap menuruni jalur tertentu, dan karena pembalap cenderung berinteraksi dengan gaya-gaya yang bekerja pada kendaraan dan melakukan perubahan lintasan tanpa secara tiba-tiba berhadapan dengan gaya yang berlaku pada kendaraan, posisi mereka pada titik-titik tertentu di sepanjang lintasan dapat diprediksi dan jalur perjalanan mereka dapat diekstrapolasi. Akibatnya, di daerah-daerah di mana kendaraan lebih mungkin keluar dari lintasan (misalnya, di sekitar bagian luar tikungan dibandingkan dengan sepanjang lintasan lurus), perancang lintasan akan menempatkan area perlarian.

Desain[sunting | sunting sumber]

Lintasan balap telah berkembang selama bertahun-tahun, seperti juga olahraga motor pada umumnya, dan melalui upaya bersama beberapa pembalap dan organisasi pendukung, keselamatan telah menjadi prioritas utama di antara unsur-unsur penyelenggaraan balapan seperti liga pemberi lisensi, sponsor, lintasan, dan pemilik tim. Sebelum keselamatan menjadi hal utama dalam kesadaran dunia balap, itu sering kali diabaikan dan banyak pembalap mengalami cedera atau kehilangan nyawa akibat kecelakaan yang dapat dicegah. Salah satu contohnya adalah ketika pembalap sepeda motor juara dunia Wayne Rainey mengalami kecelakaan yang pada akhirnya membuatnya lumpuh dari dada ke bawah. Dalam kecelakaan tertentu tersebut, ia mengendarai sedikit terlalu agresif ke dalam tikungan dan jatuh. Saat ia tergelincir ke perangkap kerikil di area perlarian, ia mengalami patah tulang belakang. Pada kasus tersebut, perangkap kerikil telah dihamburkan dalam upaya untuk lebih cepat menghilangkan energi kinetik dari mobil yang keluar lintasan. Perubahan itu sayangnya dibiarkan dalam keadaan itu untuk balapan sepeda motor di mana Rainey mengalami cedera punggungnya.

Contoh lain adalah pengenalan pagar udara. Pagar udara berfungsi mirip dengan airbag pada kendaraan penumpang komersial, kecuali bahwa daripada mengembang saat terjadi tabrakan, pagar udara sudah terisi sebelumnya. Dengan bertindak sebagai penghalang yang lembut dan menyerap energi, pagar udara dapat ditempatkan di atas hambatan keras di sekitar lintasan yang mungkin dihadapi pembalap dalam kecelakaan. Dengan pagar udara, pembalap memiliki peluang lebih besar untuk mengalami cedera lebih sedikit daripada jika dia hanya menabrak objek tanpa adanya pelindung. Pagar udara sangat penting (dan lebih banyak digunakan) dalam balap sepeda motor di jalan raya.

Area perlarian adalah fitur keselamatan penting dari taman balap modern dan sirkuit jalan. Mereka menjadi dasar bagi beberapa fitur keselamatan lain, seperti perangkap kerikil dan pagar udara, yang tidak dapat ditempatkan di mana saja, atau akan tidak efektif tanpa area perlarian yang sesuai.

Pentingnya persepsi tentang standar olahraga bermotor[sunting | sunting sumber]

Ketika diwawancarai tentang lintasan balap dan fitur-fitur yang mereka sukai dan tidak sukai, banyak pembalap profesional teratas akan menyebut ketersediaan, desain, dan ukuran area perlarian dari lintasan tertentu. Mengetahui bahwa area perlarian sangat aman memberi mereka kedamaian pikiran tambahan dan memungkinkan mereka mendorong batas lebih jauh, karena mereka memiliki lebih sedikit ketakutan akan konsekuensi membuat kesalahan.[1]

Secara singkat, selain perlengkapan keselamatan pribadi atau fitur keselamatan kendaraan balap itu sendiri, fitur keselamatan paling penting dari lintasan balap adalah kuantitas, ukuran, kualitas, pemeliharaan, konfigurasi khusus jenis balapan, dan desain keseluruhan dari area perlariannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Leading MotoGP riders critical of Jerez run-off areas". us.motorsport.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-03-09.