Aquascape

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aquascape di Akuarium Kotak Kaca

Aquascape adalah seni mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu, dan yang lainnya di dalam media kaca atau akrilik, berbentuk kotak kaca mau pun bentuk lainnya yang serupa akuarium. Aquascape tidak hanya memelihara ikan tapi juga memelihara semua komponen yang ada di dalam akuarium, dengan berbagai pendekatan dan ketelitian.[1]

Aquascape juga digolongkan pada jenis hobi, memelihara ekosistem air tawar pada media akuarium. Memelihara ekosistem air tawar pada akuarium dikenal dengan istilah aquascape sedangkan ekosistem air laut disebut oceanirum. Aquascape bermula pada tahun 1369, ide seorang kaisar China membuatkan wadah untuk memelihara ikan hias.[butuh rujukan]

Berbeda dengan akuarium biasa, objek-objek dalam aquascape ditata sedemikian rupa sehingga membentuk satu keindahan. Objek yang biasanya digunakan dalam aquascape meliputi bebatuan, karang, kayu, dan ornamen lainnya. Sehingga tidak hanya fokus merawat ikan saja, melainkan juga seluruh objek dalam aquarium.

Gaya Aquascape[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa gaya aquascape yang memiliki konsep unik dan memiliki ciri khas masing-masing, diantaranya[2]:

  1. Gaya Iwagumi
  2. Gaya Belanda
  3. Gaya Taiwan
  4. Gaya Collectoris
  5. Gaya Alami

Komponen Aquascape[sunting | sunting sumber]

Aquascape terdiri dari dua komponen utama yaitu:

  1. Komponen Biologis
  2. Komponen Non-Biologis[3]

Kedua komponen tersebut ditata dan diatur dengan sedemikian rupa agar menjadi sebuah ekosistem aquatic sederhana yang terjadi di dalam aquarium.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Nugroho, Wahyu Setiawan (6 Desember 2017). "Mengenal Apa Itu Aquascape". Tribun News Jogja. Diakses tanggal 10 Oktober 2020. 
  2. ^ Natasha, Bernandine (2021-03-05). "5 Gaya Aquascape untuk Pecinta Tanaman Air". POPMAMA.com. Diakses tanggal 2022-08-20. 
  3. ^ admin (2022-08-21). "Apa Itu Aquascape? Pengertian Aquascape". Tanaman Aquascape. Diakses tanggal 2022-08-22.