Apollo (wahana antariksa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Bagian-bagian wahana antariksa Apollo.

Wahana antariksa Apollo dirancang sebagai bagian dari Program Apollo oleh Amerika Serikat pada awal dasawarsa 1960-an untuk mendaratkan manusia di bulan sebelum 1970 dan memulangkan mereka kembali ke bumi dengan selamat. Target ini ditetapkan oleh Presiden Kennedy setelah penerbangan pertama Program Mercury. Wahana antariksa Apollo terdiri dari berbagai unit atau tingkat (stage) yang bekerja sama menjalankan misi pendaratan bulan dan kembali dengan selamat ke bumi. Komponen utama dari wahana ini berturut-turut dari bagian atas ke bawah adalah sistem penyelamatan peluncuran (launch escape system), modul komando (command module), modul layanan (service module), modul bulan (lunar module), dan penyesuai modul bulan (lunar module adapter).

Seluruh unit ini akan diletakkan di atas kendaraan peluncuran. Kendaraan peluncuran untuk Apollo adalah Little Joe II, Saturn I, Saturn IB, dan Saturn V.

Cara kerjanya kurang lebih adalah suatu roket akan meluncurkan wahana ke bulan dan wahana ini akan terbang menuju bulan dan mengorbit mengelilinginya. Bagian dari wahana ini selanjutnya akan kembali ke bumi.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]